Home > Berita Bola > Deretan Klub Ini Punya Nama Unik, Ada Bumi Datar

Deretan Klub Ini Punya Nama Unik, Ada Bumi Datar

Pernah dengar klub bola Bumi Datar? Atau mungkin klub bola yang ‘Selalu Siap’, ‘Singa Rendah Hati’, dan ‘Paling Kuat’? Berikut sejumlah klub bola dunia yang punya nama unik.

1. Flat Earth FC

Seperti namanya, inilah klub sepakbola Bumi Datar. Sesuai namanya, penamaan klub asal kota Madrid, Spanyol ini memang erat kaitannya dengan kalangan yang percaya kalau Bumi itu datar. Dilihat sejarahnya, Flat Earth FC ini baru eksis sejak 2016. Tidak benar-benar baru karena sebenarnya klub ini merupakaan ‘jelmaan’ dari entitas klub lain yaitu Mastoles Balompie.

Nah, Mastoles Balompie sendiri sebenarnya juga ‘menjelma’ dari klub lain yaitu CDC Comercial, klub yang berdiri tahun 1969 dan jadi anggota federasi sepakbola setempat pada 1983. Jadi kisahnya, pihak Mastoles Balompie memutuskan untuk ganti nama jadi Flat Earth FC pada tahun 2016, seiring dengan keberhasilan promosi ke divisi keempat Liga Spanyol, sebagai dukungan buat penganut Bumi Datar. Saat ini klub bola Bumi Datar ini berkompetisi di Grup 7 Divisi Tercera, yang merupakan ajang tingkat keempat di persepakbolaan Spanyol.

2. Club The Strongest

Ini benar-benar klub bola, bukan tempat nge-gym atau kumpulan binaragawan. Klub ‘Paling Kuat’ yang bermarkas di La Paz, Bolivia, ini berdiri pada 8 April 1908 dan merupakan klub tertua di negara asalnya. Dilihat sejarahnya, klub ini awalnya bukanlah yang ‘Paling Kuat’ alias The Strongest.

Sedikit lebih rendah hati, dengan nama The Strong alias ‘Kuat’. Logo Harimau di emblem klub plus julukan Tigre menegaskan sangarnya klub peraih 12 gelar juara liga (apertura dan clausura) teratas di Bolivia ini.

3. Union of Invincible Eleven & Majestic Sports Association

Satu lagi nama klub bola yang sangar. Dari nama panjangnya itu, klub asal Liberia ini sejatinya cukup disebut dengan ‘Invincible Eleven’. Kira-kira 11 pemain tidak terkalahkan. Sangar kan? Invincible Eleven ini sendiri, yang skuadnya dijuluki Yellow Boys, didirikan pada tahun 1943 dan merupakan salah satu klub tertua di Liberia sekaligus pionir dalam dunia persepakbolaan negaranya.

Oya, detikers penggemar bola niscaya tahu deh salah satu pemain ngetop yang pernah menjadi salah satu penggawa ’11 pemain tak terkalahkan’. Namanya adalah George Weah, yang merupakan presiden ke-25 Liberia.

4. Deportivo Moron

Bukan, nama klub ini tidak bermaksud memancing makian ke diri sendiri (dalam bahasa Inggris). Moron pada identitas klub itu merujuk pada wilayah tempatnya bermarkas yakni Moron, Buenos Aires, Argentina. Klub berlambang ayam jantan ini berdiri pada tahun 1973 . . . . . . dan sekarang bermain di liga divisi kedua dalam jenjang persepakbolaan di negerinya Lionel Messi.

5. Humble Lions FC

Singa identik dengan sosok gahar. Tapi bagaimana kalau si singa ini ternyata rendah hati? Jadilah Humble Lions FC, alias Singa-singa Rendah Hati, yang merupakan sebuah klub di Jamaika. Klub Humble Lions FC ini sendiri lahir pada tahun 1973 dan konon punya kaitan erat dengan penggiat gerakan rastafara. Saat ini para singa yang tidak sombong itu bermain di divisi Premier League-nya Jamaika.

6. Clwb Pêl Droed Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­chwyrn­drobwll­llan­tysilio­gogo­goch Football Club

Buat detikers, tidak disarankan untuk melafalkan nama klub Wales ini dalam satu tarikan napas. Sudah susah, panjang juga namanya! Kota yang jadi markas klub ini pun sama menantangnya untuk diucapkan: Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­chwyrn­drobwll­llan­tysilio­gogo­goch.

Tapi, klub yang berdiri pada tahun 1899 alias 122 tahun silam ini juga punya nama ‘panggilan’ yang lebih akrab, walau niscaya tetap tidak mudah dilafalkan, yaitu Llanfairpwll FC.  Uniknya, klub ini malah lahir dengan nama lebih sederhana: Llanfair Rovers.

7. Jaworznickie Stowarzyszenie Piłkarskie Szczakowianka Jaworzno

Satu lagi klub yang punya nama menantang untuk dilafalkan maupun dituliskan. Nama pendeknya pun masih tetap tak mudah di lidah: Szczakowianka Jaworzno. Klub asal Szczakowa, Jaworzno, Polandia ini sendiri pada 9 Juli 1923 sebagai gabungan dari tiga klub setempat. Szczakowianka Jaworzno saat ini berkompetisi di liga divisi ketiga negaranya.

8. Club Always Ready

Selalu Siap! Club Always Ready, atau biasa disebut Always Ready saja. Begitulah nama klub sepakbola asal Bolivia yang berdiri pada 13 April 1933 alias 87 tahun silam ini. Punya reputasi oke sebagai salah satu klub terkemuka di negaranya, Always Ready juga tercatat sebagai klub Bolivia pertama yang melakukan tur di luar negaranya.

Pada Agustus-November 1961, klub Selalu Siap ini tur keliling Eropa. Mungkin akan jadi kombinasi menarik juga kalau Always Ready menggaet pemain bek kanan/gelandang kanan asal Inggris berikut ini, sebagaimana data Transfermarkt:

Ben Jago

Supaya ada yang bisa bilang (Selalu) Siap, Ben Jago!

x

Check Also

ron

Cristiano Ronaldo Ternyata Mengidolakan Ronaldo Dan Ronaldinho

Mancehsetr – Pemain bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo ternyata juga mengidolakan pemain bola lain. Dirinya ...