Home > Berita Liga Indonesia > Demi Izin Kompetisi, Iwan Bule Klaim PSSI Sudah Lakukan Segala Cara

Demi Izin Kompetisi, Iwan Bule Klaim PSSI Sudah Lakukan Segala Cara

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengklaim pihaknya telah melakukan segala cara untuk mendapatkan izin dari kepolisian sebagai syarat utama menggelar kompetisi.

Seperti diketahui, sejak pertengahan Maret 2020 lalu kompetisi Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia dihentikan akibat pandemi Covid-19, dan sampai saat ini belum berjalan kembali.

PSSI dan PT LIB sebenarnya telah berupaya untuk menggulirkan kembali kompetisi pada awal Oktober dan November lalu, namun pihak kepolisian masih tidak bisa mengeluarkan izin karena angka penularan Covid-19 di Tanah Air masih tinggi.

Hingga akhirnya pada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 20 Januari 2021 lalu diputuskan bahwa Liga 1 dan Liga 2 2020 dibatalkan tanpa adanya juara dan tim yang terdegradasi.

Sementara terkait kapan Liga 1 2021 akan dimulai masih akan dibicarakan kembali pada kongres tahunan PSSI, Mei mendatang.

Saat ini PSSI tengah berupaya meyakinkan pihak Polri agar izin untuk menggelar kompetisi bisa didapatkan, termasuk menjelaskan skema kompetisi dan merancang protokol kesehatan.

“Seperti yang kita tahu bahwa pihak Kepolisian belum memberikan izin kepada kami untuk menggulirkan kompetisi,” kata Mochamad Iriawan.

“Berbagai daya dan usaha sudah PSSI lakukan agar izin tersebut bisa dikeluarkan. Mulai dari merancang protokol kesehatan, skema kompetisi, dan lainnya,” tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Lebih jauh Iwan Bule menjelaskan, berhentinya kompetisi akan mengganggu pembinaan sepak bola di Tanah Air, termasuk Timnas Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia tidak bisa melihat atau memilih pemain bagus dari kompetisi.

Selain itu, vakumnya kompetisi akan sangat merugikan di segi ekonomi, apalagi bagi para pelaku sepak bola, dari klub hingga pemain.

“Karena sebagaimana kita tahu, tidak adanya liga, tentu menghambat perkembangan pemain untuk tim nasional dan juga ekonomi,” jelas Iwan Bule.

x

Check Also

Dewa United Makin Beraroma Persib Bandung

Tangerang – Klub Liga 2, Dewa United FC, terus bergerak mempersiapkan timnya menjelang akan digulirkannya ...