Home > Berita Liga Indonesia > Bepe Menilai Medsos Telah Menambah Beban Pesepakbola Profesional

Bepe Menilai Medsos Telah Menambah Beban Pesepakbola Profesional

Manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, menilai media sosial menjadi tantangan bagi pemain muda untuk menikmati kehidupan pribadinya. Kehidupan pesepakbola profesional tidak pernah lepas dari kritik dan komentar dari suporter yang mendukungnya.

Terkadang saat tidak mampu tampil baik di lapangan, para pemain itu mendapat kritik pedas dari suporter yang kecewa dengan permainannya. Era media sosial secara tidak langsung turut menambah beban para pemain profesional. Tidak cukup dengan aksi di lapangan, terkadang kritik dari warganet juga sering menyasar kehidupan pribadi sang pemain yang diunggah di media sosial pribadinya.

Hal itulah yang dinilai oleh manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, sebagai tantangan zaman ini bagi para pemain muda. Berbeda dengan zamannya dulu, pria yang akrab disapa Bepe itu hanya perlu menerima kritik saat membaca berita di surat kabar.

“Hal baiknya adalah saat saya tumbuh menjadi seorang yang profesional, tidak ada media sosial jadi dapat fokus dengan apa yang harus dikerjakan,” kata Bepe saat berbincang dengan Marc Klok di kanal Youtube Marc Klok.

“Anda hanya bisa membaca berita di koran, tapi sekarang lebih . . . . . . sulit untuk pemain muda yang ada karena ekspektasi dari suporter selalu besar sampai-sampai tidak memiliki kehidupan pribadi karena komentar di media sosial dapat mempengaruhi,” katanya.

Legenda timnas Indonesia itu pun punya pesan bagi para pemain muda agar tidak terpengaruh dengan komentar-komentar di media sosial. Menurutnya, yang harus menjadi fokus dari para pemain muda hanyalah hal-hal yang terjadi di lapangan.

Terlepas dari itu, maka para pemain muda tidak perlu memikirkan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan pertandingan yang dijalaninya.

“Tapi itulah yang ingin saya sampaikan kepada para pemain muda. Apapun itu pikirkan saja saat berada di atas lapangan, dan itu sangat penting,” kata Bepe.

 

x

Check Also

Laga Final Liga 3 DIY 2021 Ricuh, Hakim Garis Dipukul

Sleman – Insiden memalukan datang dari laga final Liga 3 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) antara ...