Home > Berita Bola > Bola Internasional > Ancaman FIFA Untuk Pemain Yang Nekat Tampil di Liga Super Eropa

Ancaman FIFA Untuk Pemain Yang Nekat Tampil di Liga Super Eropa

Jakarta – Badan otoritas sepakbola dunia (FIFA) memberikan peringatan tegas kepada pemain dan klub yang ikut terlibat di dalam ajang European Super League atau Liga Super Eropa Liga karena ajang tersebut sudah ditetapkan sebagai kompetisi ilegal.

Seperti diketahui, belakangan wacana untuk menggelar kompetisi Liga Super Eropa sebagai tandingan dari Liga Champions semakin menghangat karena dicetuskan oleh klub-klub elit Eropa.

Menurut FIFA, enam konfederasi sepak bola lainnya juga tidak mengakui keberadaan kompetisi Liga Super Eropa.

“Terkait spekulasi media baru-baru ini tentang pembentukan Liga Super Eropa oleh beberapa klub Eropa, FIFA dan enam konfederasi (AFC, CAF, CONCACAF, CONMEBOL, OFC, dan UEFA) sekali lagi ingin menegaskan bahwa kopetisi seperti itu tidak akan diakui oleh FIFA maupun konfederasi masing-masing,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

“Setiap klub atau pemain yang terlibat dalam kompetisi itu tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA atau konfederasi masing-masing,” lanjutnya.

Dengan adanya peringatan ini, maka pemain yang ikut berpartisipasi di ajang Liga Super Eropa akan dilarang untuk bermain membela negaranya di semua kompetisi internasional, mulai dari Piala Dunia, . . . Gabung . . . kualifikasi Piala Dunia, Piala Eropa, UEFA Nations League, Copa America, Piala Emas, Piala Afrika, hingga Piala Asia.

Sebelumnya, pada November 2018 lalu, sejumlah klub top Eropa merencanakan untuk menggelar kompetisi liga yang bersifat independen, atau lepas dari UEFA, dan akan diikuti oleh 16 klub.

11 klub dari 16 klub tersebut bersifat imun, atau tidak dapat terdegradasi selama 20 tahun, karena mereka adalah klub pencetus.

Kesebelas klub pencetus tersebut yakni Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Juventus, AC Milan, Bayern Munchen, dan Paris Saint-Germain.

Sementara lima klub lainnya adalah klub tamu, yakni Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Olympique Marseille, Inter Milan, dan AS Roma.

x

Check Also

Prediksi Belanda vs Montenegro, 5 September 2021, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grip G, Minggu (5/9/2021) ...