Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Timnas U-19 Indonesia Tak Bisa Turunkan Jack Brown di Piala Dunia U-20 ?

Timnas U-19 Indonesia Tak Bisa Turunkan Jack Brown di Piala Dunia U-20 ?

Pemain tim nasional Indonesia U-19, Jack Brown, kemungkinan akan absen dalam waktu lama dari lapangan hijau. Hari ini, Senin (21/12/2020), PSSI mengkonfirmasi Jack Brown mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) saat berlatih bersama timnas Indonesia U-19.
Cedera ACL itu menjadi pukulan telak bagi Jack Brown mengingat timnas Indonesia U-19 akan bertolak ke Spanyol pada 26 Desember ini. Dokter timnas U-19, Dicky Mohammad Shofwan, mengungkap Jack Brown mengalami cedera ACL pada lutut kirinya.

“Begitu Jack Brown cedera kami langsung melakukanperawatan dan proses magnetic resonance imaging (MRI),” kata di laman resmi PSSI (21/12/2020).

“Dari awal pemeriksaan MRI, Jack ada gambaran cedera di anterior cruciate ligament (ACL) dan meniscus pada lutut kirinya,” katanya.

Shofwan memilih tidak memberi perkiraan berapa lama Jack Brown akan menjalani pemulihan. ACL sendiri merupakan otot ligamen yang berfungsi menjaga kestabilan sendi lutut. Cedera ACL disebut sebagai salah satu cedera yang ditakuti para atlet dunia karena memakan waktu sangat lama untuk rehabilitasi.
Sejumlah pesepakbola tenar, sepert Zlatan Ibrahimovic, Marco Reus, hingga Danny Ings pernah mengalami cedera itu.

Terbaru, bek Liverpool Virgil Van Dijk divonis absen hingga 7-8 bulan saat mengalami . . . Gabung . . . cedera ACL pada pertandingan melawan Everton, Oktober 2020 lalu. Apabila jangka waktu absen itu juga harus dialami Jack Brown, maka besar kemungkinan pemain blasteran itu harus melewatkan Piala Dunia U-20 201.
Piala Dunia U-20 2021 yang akan jadi ujian final bagi timnas U-19 asuhan Shin Tae-Yong itu akan diadakan pada Mei-Juni mendatang, atau sekitar lima bulan lagi. Jack Brown mengaku akan bersemangat menjalani penyembuhan walaupun sedih mengalami cedera itu.

“Tentu saya sedih karena tidak bisa menjalani latihan bersama teman-teman timnas U-19,” kata Jack (21/12/2020).

“Tapi, saya harus tetap bersemangat, melakukan proses terapi penyembuhan dengan baik dan berharap cedera saya cepat sembuh.”

“Bila sudah sembuh saya ingin kembali bergabung ke timnas Indonesia,” katanya.

x

Check Also

Salut, Universitas di AS Tawari Pemain Timnas U-19 Indonesia Beasiswa

Jakarta – Pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown, kabarnya mendapat tawaran beasiswa jalur prestasi olahraga ...