Home > Berita Liga Champions > Solskjaer Dinilai Patut Disalahkan Soal Kartu Merah Fred

Solskjaer Dinilai Patut Disalahkan Soal Kartu Merah Fred

 

Peraih Ballon d’Or 2001, Michael Owen, mengatakan kalau pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, juga patut disalahkan atas insiden diusirnya Fred oleh wasit setelah berulah saat melawan Paris Saint-Germain. Fred melakukan tindakan yang merugikan Manchester United saat pertandingan melawan Paris Saint-Germain dalam matchday 5 grup H Liga Champions 2020-2021.
Dalam pertandingan yang diadakan di Stadion Old Trafford pada Rabu (2/12/2020) waktu setempat atau Kamis pukul 03.00 WIB, Fred terpaksa membuat Manchester United bermain dengan 10 orang sejak menit ke-70.

Setan Merah pun akhirnya menelan kekalahan setelah PSG membobol gawang mereka sebanyak tiga kali melalui Neymar (6′ dan 90+1′) dan Marquinhos (69′). Sementara itu, skuad Ole Gunnar Solskjaer hanya bisa membalas satu gol melalui aksi Marcus Rashford pada menit ke-32. Pengusiran Fred dari lapangan sendiri menjadi salah satu hal yang paling disoroti dalam kekalahan Man United itu.
Fred awalnya menerima kartu kuning pada menit ke-23 setelah tertangkap kamera tengah menanduk kepala gelandang PSG, Leandro Paredes.

Pemain asal Brasil ini sampai membuat Paredes terkapar di lapangan karena tindakannya. Wasit Daniele Orsato kemudian mengganjar Fred dengan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah pada menit ke-70. Pasalnya, Fred melakukan tekel kepada pemain PSG yang merupakan mantan pemain Man United, Ander Herrera. Tindakan Fred dalam pertandingan itu mengundang kritikan dari berbagai pihak, tidak terkecuali peraih Ballon d’Or 2001 sekaligus mantan pemain Man United, Michael Owen.
Menurut Owen, Fred seharusnya tidak melakukan tindakan itu, terlebih hal itu merugikan . . . Gabung . . . tim sendiri. Walau begitu, Owen menilai kalau Ole Gunnar Solskjaer juga patut disalahkan atas insiden itu karena tidak melindungi Fred maupun tim.

“Ada banyak kesalahan. Bentrokan dengan Paredes seharusnya berujung kartu merah,” kata Owen.

“Anda seorang pria dewasa, Anda tidak perlu melakukan hal yang kasar seperti itu untuk membahayakan tim Anda.”

“Kalau saya adalah seorang pelatih, dan salah satu pemain saya melakukan itu, dia tidak akan pernah bermain untuk saya lagi.”

“Secara keseluruhan, Anda harus menyalahkan Fred. Tapi, Solskjaer juga patut disalahkan.”

“Pelatih harus melindungi Fred dan tim dalam situasi seperti itu, sehingga mereka berdua harus disalahkan,” kata sosok yang memperkuat Man United pada selang 2009-2012 ini melanjutkan.

Solskjaer sendiri mengaku sudah menegur Fred saat babak pertama usai. Dia tidak mengganti Fred karena percaya kalau pemain itu akan bermain dengan pikiran jernih pada babak kedua.

“Mungkin saya seharusnya mengganti Fred. Tapi, dia bermain dengan sangat bagus,” kata Solskjaer.

“Kami berbicara agar dia bisa tetap tenang. Saya pikir dia bermain dengan pikiran jernih pada babak kedua.”

“Dia tidak beruntung dengan keputusan wasit pada babak kedua,” katanya mengakhiri.

x

Check Also

Messi

PSG Gagal Menang Meski Diperkuat Messi 90 Menit

Madrid – Lionel Messi untuk kali pertama tampil penuh bersama Paris Saint-Germain. Namun, sang megabintang ...