Home > Berita Liga Indonesia > Sindiran Pedas Muly Munial Soal Industri Sepakbola Indonesia

Sindiran Pedas Muly Munial Soal Industri Sepakbola Indonesia

Jakarta – Agen pemain top Indonesia, Mulyawan Munial, belum lama ini menyinggung soal kondisi persepakbolaan Indonesia yang disebutnya kurang mendukung sehingga banyak pemain Indonesia yang menganggur.

Seperti diketahui, kompetisi di Indonesia sampai saat ini masih terhenti karena pandemi Covid-19 sejak pertengahan Maret lalu. Sehingga kondisi ini praktis membuat banyak pemain menganggur.

Menurut Muly Munial, persepakbolaan Indonesia masih harus diperbaiki di tiga aspeknya, yakni infrastruktur, pelatih, dan kompetisi.

Muly Munial kemudian menambahkan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambal kekurangan tersebut yakni dengan mengirim pemain Indonesia berkompetisi di luar negeri.

“Yang saya usahakan 10 tahun terakhir adalah membawa anak-anak Indonesia bermain ke luar negeri,” ungkap Muly Munial.

“Makin banyak anak main di luar makin bagus, kenapa? Bagi saya karena dengan memiliki bibit yang bagus, makin bagus bibit yang ditanam di tanah yang subur, lingkungan yang sehat, mudah-mudahan pohonnya juga sehat,” ucap Muly Munial.

Namun Muly Munial menyayangkan soal kurangnya dukungan terhadap persepakbolaan di Tanah Air.

“Tapi Indonesia masih toxic, situasi sepak bola masih . . . Gabung . . . kurang mendukung. Inilah yang saya coba kalau bisa anak-anak ke luar negeri,” ucap Muly Munial.

“Negara-negara yang hebat, yang rankingnya di FIFA top dunia, pemainnya ke mana-mana. Ini bukan hanya melatih secara teknis tetapi juga mental yang kuat. Bagaimana mereka bisa kuat, pede melawan pemain luar, enggak menunduk,” lanjutnya.

Muly Munial sendiri telah 20 tahun berkecimpung di dunia sepak bola melalui Munial Sports Group untuk menjembatani para pemain muda berbakat di Indonesia dengan klub-klub di luar negeri.

Beberapa nama pemain terkenal, seperti Bambang Pamungkas, Evan Dimas, Andik Vermansah, hingga Rendy Juliansyah, termasuk pemain yang memercayakan karier mereka kepada Muly Munial.

x

Check Also

Mochamad Iriawan Optimis Liga 1 2021/22 Bisa Digelar pada Agustus atau September

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, masih optimis kompetisi Liga 1 2021/22 bisa mulai ...