Home > Timnas Indonesia > Sandy Walsh Diminati Shin Tae-yong Untuk Gabung Timnas Indonesia

Sandy Walsh Diminati Shin Tae-yong Untuk Gabung Timnas Indonesia

Jakarta – Pemain asal Belanda yang saat ini membela klub Liga Belgia KV Mechelen, Sandy Walsh, mengaku mendapatkan tawaran dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk bergabung.

Sebelum memperkuat KV Mechelen, Sandy Walsh, berseragam Zulte Waregem hingga awal musim 2020/21.

Sejak menjalani debut bersama KV Mechelen pada 31 Oktober lalu saat kontra Club Brugge, Sandy Walsh langsung menjadi andalan di tim utama dan selalu tampil penuh pada 5 laga terakhir KV Mechelen di Liga Belgia.

Walsh juga sempat menyumbang assist saat KV Mechelen menang atas mantan klubnya, Zulte Waregem dengan skor 2-1, pada 22 November lalu.

Sandy Walsh juga menjadi man of the match saat KV Mechelen bertemu dengan Beerschot seminggu kemudian.

Sandy Walsh berterimakasih kepada KV Mechelen karena memberinya kepercayaan setelah sempat kesulitan mencari klub baru setelah hengkang dari Zulte Waregem.

“Selalu menyenangkan mendapat reaksi positif. Sambutan dari fans sangat menyenangkan,” kata Sandy Walsh.

“Saya tanpa klub selama 5 bulan. Saya duduk sejenak dan menyadari bahwa aneh bagi saya tak bisa menemukan tim baru. Saya bersyukur KV Mechelen memberi saya kesempatan,” tambahnya.

Selain itu, Walsh juga mengaku ingin memperkuat Timnas Indonesia. Bahkan Walsh mengklaim dirinya diinginkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“Akan menyenangkan. Jika saya ingin membela timnas, maka itu adalah Timnas Indonesia,” kata Walsh.

“Laga melawan beerschot disiarkan di sana pekan lalu. Dan Anda mungkin memperhatikan kehadiran fans Indonesia di sosial media,” lanjut Walsh.

“Saya ada kontak dengan asosiasi sepak bola di sana (PSSI) dan pelatih timnas yang menginginkan saya (gabung timnas Indonesia),” jelasnya.

Selain itu Sandy Walsh mengungkapkan, proses naturalisasi dirinya sedang diproses oleh PSSI ke FIFA pada Januari 2021 mendatang.

“Pada Januari mereka (PSSI) telah berjanji dengan FIFA untuk membahas berkas-berkas saya,” ungkap Walsh.

“Jika FIFA menyetujui saya . . . Gabung . . . berganti warga negara dari Belanda ke Indonesia, maka saya bisa siapkan paspor dan saya bisa dipanggil (ke timnas),” sambungnya.

Terkait proses naturalisasi, sebenarnya Sandy Walsh sudah menyatakan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia sejak tiga tahun lalu, namun hingga saat ini proses naturalisasi Sandy Walsh belum juga rampung.

Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, proses naturalisasi akan tetap dilanjutkan, namun PSSI akan menerapkan peraturan ketat terkait usia sehingga sang pemain bisa lebih lama berkontribusi bagi Timnas Indonesia.

“Dalam rapat terbatas (Ratas) bersama Pak Presiden Jokowi (Joko Widodo), beliau mengatakan kenapa tidak melakukan naturalisasi pemain?” kata Mochamad Iriawan.

“Lalu saya bilang, saya tidak alergi. Tetapi kalau naturalisasi datangnya dari umur 37, kemudian dari sana dia hanya bermain di Liga 3 dan Liga 4, untuk apa,” jelas pria yang lebih akrab disapa Iwan Bule ini.

Menurut Iwan Bule, program naturalisasi akan lebih difokuskan untuk mencari pemain timnas U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021.

“Tetapi kalau mungkin nanti naturalisasi, siapa tahu ada yang umur 19 tahun,” ucap Iwan Bule.

Sementara itu usia Sandy Walsh saat ini berusia 26 tahun. Meski demikian, Walsh tetap memiliki kesempatan untuk lolos proses naturalisasi karena belum lama ini PSSI baru saja membantu proses naturalisasi Marc Klok pada 12 November 2020, dimana Marc Klok telah berusia 27 tahun.

x

Check Also

Mantan Pemain Timnas Indonesia Kritik Pembinaan Pemain Muda PSSI

Jakarta – Mantan pemain Timnas Indonesia, Dede Sulaiman, mengkritik kebijakan PSSI terkait pembinaan pemain diusia ...