Home > Berita Liga Indonesia > Madura United > RD Sambut Baik Hijrahnya Sejumlah Pemain Indonesia Ke Luar Negeri

RD Sambut Baik Hijrahnya Sejumlah Pemain Indonesia Ke Luar Negeri

Bangkalan – Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan menyambut baik fenomena banyaknya pemain Indonesia yang mulai meniti karir di luar negeri.

Seperti diketahui, beberapa pemain Indonesia belum lama ini memilih untuk berkarir di luar negeri karena kompetisi di Indonesia juga belum jelas kapan dimulai kembali.

Sebut saja Rivaldo Todd Ferre (Persipura) yang memperkuat Lampang FC, klub kasta kedua Liga Thailand, Ryuji Utomo (Persija) yang kini membela Penang FC (Malaysia), dan belum lama ini Syahrian Abimanyu (Madura United) yang direkrut klub kenamaan Malaysia, Johor Darul Takzim.

Menurut Rahmad Darmawan, bisa berkarir di luar negeri merupakan kesempatan emas bagi pemain karena kompetisi di sana dianggap selevel lebih tinggi dibanding di Indonesia.

“Fenomena pemain kita tahun ini lebih banyak bermain di luar, tentu karena melihat kondisi sepak bola kita sampai hari ini belum ada kejelasan, mau kapan berkompetisi?” kata Rahmad Darmawan, Senin (28/12/2020).

“Kedua, dengan main di luar negeri, mereka melihat beberapa pemain di sana, lebih bisa menjaga kondisi fisiknya dengan baik, menjaga kualitasnya dengan berkompetisi. Seperti Yanto Basna, kemudian, Egy, Witan,” tambahnya.

Mantan pelatih Timnas U-23 ini juga menilai antusias dari para pemain Indonesia untuk bermain di luar negeri lebih tinggi dari sebelumnya karena faktor kompetisi dan adanya contoh pemain yang . . . Gabung . . . telah bermain di sana.

“Kemarin-kemarin saya lihat motivasi mereka kurang, karena mungkin gak ada contoh atau role modelnya. Terus juga kompetisi Indonesia kemarin lancar,” jelas pelatih yang akrab disapa RD ini.

RD juga mengakui bahwa pemain yang telah bermain di luar negeri akan meningkat nilainya serta pengalamannya.

“Menurut saya ini juga penting, karena saya juga pernah merasakan menjadi pemain asing tahun 1992 lalu di Angkatan Malaysia, Kuala lumpur,” paparnya.

Karena itu, RD berharap agar pemain yang tengah meniti karir di luar negeri bisa serius dan bekerja keras secara profesional.

“Setelah di sana dan balik itu beda, ada satu hal yang berbeda, terutama di dalam pemahaman sikap seorang profesional,” ungkap RD.

“Karena saya mengalami langsung kondisi itu dan dituntut tanggung jawab langsung, karena semua mata selalu ke pemain asing. Jadi punya tanggung jawab besar,” pungkasnya.

x

Check Also

Madura United Targetkan 3 Besar di Liga 1 2021/22

Surabaya – Madura United berani menargetkan finish di posisi ketiga pada kompetisi Liga 1 2021/22 ...