Home > Berita Liga Indonesia > Persija Jakarta > Persija Batal Tampil di Piala AFC 2021, Begini Tanggapan Marco Motta

Persija Batal Tampil di Piala AFC 2021, Begini Tanggapan Marco Motta

Jakarta – Bek kanan Persija Jakarta, Marco Motta, mengaku terkejut karena Persija Jakarta batal tampil di Piala AFC 2021.

Sebelumnya, Marco Motta sempat merasa senang dan antusias setelah mendengar kabar Persija Jakarta dan Bali United dipilih mewakili Indonesia di ajang Piala AFC 2021 mendatang.

Kegembiraan Motta ini juga sempat ia ungkapkan melalui akun Instagramnya.

“AFC inilah kami! Akan sangat menyenangkan bisa memakai warna Persija dalam kompetisi penting ini,” tulis Marco Motta pada akun Instagramnya, 17 Desember lalu.

Namun sayangnya, kegembiraan Motta itu akhirnya sirna setelah Persija Jakarta batal tampil.

Sebelumnya, PSSI menunjuk Persija Jakarta dan Bali United sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021 berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) pada Rabu (16/12/2020).

Bali United dipilih karena juara Liga 1 2019, sementara Persija Jakarta adalah runner-up Piala Indonesia 2018/2019. Keduanya juga telah mengantongi lisensi klub dari AFC.

Namun keputusan tersebut diprotes oleh Persipura Jayapura karena dianggap menyalahi regulasi AFC.

Dalam AFC Entry Manual for AFC Club Competitions 2021 dalam pasal sembilan yang membahas sporting criteria, di sana dijelaskan bahwa urutan klub wakil sebuah negara dalam kompetisi antarklub Asia adalah: klub juara liga domestik, juara piala domestik, runner up liga domestik, peringkat ketiga liga domestik, dan peringkat keempat liga domestik.

Merujuk dari hasil kompetisi di Indonesia pada 2019, maka yang berhak menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021 yakni Bali United (juara Liga 1 2019), PSM Makassar (juara Piala Indonesia 2018/2019), Persebaya Surabaya (runner up Liga 1 . . . Gabung . . . 2019), Persipura Jayapura (peringkat ketiga Liga 1 2019), dan Bhayangkara FC (peringkat keempat Liga 1 2019).

PSM Makassar dan Persebaya Surabaya tidak bisa maju karena keduanya tidak memiliki lisensi AFC. Karena itu, yang berhak maju seharusnya Bali United dan Persipiura Jayapura.

Setelah mendapat protes, pada Minggu (20/12/2020) lalu, PSSI akhirnya mengubah keputusannya dengan menunjuk Bali United dan Persipura Jayapura sebagai wakil Indonesia di ajang Piala AFC 2021.

Mengetahui pembatalan tersebut, Marco Motta pun mengaku terkejut karena Persija Jakarta tidak jadi tampil di Piala AFC 2021.

“Saya sangat kaget ketika mengetahui bahwa Persija dibatalkan (tampil di Piala AFC 2021),” kata Marco Motta, Selasa (29/12/2020).

Marco Motta pun mengaku memahami kekecewaan dari The Jak Mania, dan berharap agar lanjutan Liga 1 2020/21 dapat segera digulirkan kembali.

“Saya sangat sedih terutama bagi para fan (Persija) yang di saat-saat sulit ini penuh semangat untuk mengikuti kompetisi ini (Piala AFC 2021),” ucap Marco Motta.

“Saya berharap kami dapat segera menerima berita resmi tentang Liga 1 karena saya pikir kita semua pantas mendapatkannya,” pungkasnya.

x

Check Also

Persija dan Marck Klok Resmi Berpisah

Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari klub Liga 1, Persija Jakarta, yang secara resmi memutus ...