Home > Berita Liga Indonesia > Persib Hingga Persija, Klub Yang Masih Mampu Pertahankan Pemain Asingnya

Persib Hingga Persija, Klub Yang Masih Mampu Pertahankan Pemain Asingnya

Di tengah eksodus pemain asing akibat kompetisi yang nasibnya masih mengambang, ternyata masih ada empat tim Liga 1 yang masih lengkap kuotanya. Setelah diputuskan kalau Liga 1 musim ini tidak akan berlanjut, ternyata itu membuat pemain asing berbondong-bondong pergi dari Indonesia.

Sampai berita ini diturunkan, sudah ada banyak pemain asing yang memilih hengkang. Sangat wajar tentunya, kalau para pemain asing itu memilih pergi, tapi akibatnya banyak klub Liga 1 jadi kehilangan kekuatannya. Yang paling terasa adalah Persik Kediri dan Persiraja Banda Aceh yang benar-benar ditinggal semua pemain asingnya.

Tapi walau terjadi eksodus besar-besaran, ternyata masih ada klub Liga 1 yang masih lengkap kuota pemain asingnya. Siapa saja klub Liga 1 itu yang berhasil selamat dari eksodus besar-besaran pemain asing tersebut?

Persib Bandung

Pertama, ada Persib Bandung yang berhasil memertahankan kuota empat pemain asingnya. Persib Bandung  berhasil mendapatkan kesetiaan dari Wander Luiz, Geoffrey Castillion, Nick Kuipers, dan Omid Nazari. Tentu ini menjadi suatu keberhasilan tersendiri dari manajemen Persib Bandung berhasil meyakinkan para pemain asing untuk bertahan.

Soalnya di tengah situasi serba sulit seperti sekarang, mendapatkan kesetiaan dari pemain asing adalah mukjizat. Dengan bertahannya para pemain asing itu, Persib Bandung pun bisa langsung tancap gas begitu Liga 1 diadakan kembali tahun depan. Terutama duet Wander Luiz dan Geoffrey Castillion yang sedang on fire sebelum kompetisis mangkrak akibat virus corona.

Persija Jakarta

Rival abadi Persib Bandung yaitu Persija Jakarta juga masuk dalam jajaran klub berhasil memertahankan pemain asingnya. Sebenarnya Persija Jakarta sempat kuota pemain asingnya menjadi 3 saja setelah Marc Klok akhirnya dinaturalisasi Timnas Indonesia. Tapi beruntung Persija Jakarta bergerak cepat dengan langsung mengontrak Yann Motta.

Sisanya seperti Marko Simic, Rohit Chand dan Marco Motta masih menyatakan kesetiannya Bersama Persija Jakarta. Simic sebenarnya sempat dinyatakan sudah bergabung . . . Gabung . . . dengan HSK Posusje, klub Bosnia-Herzegovina. Tapi ternyata itu Cuma seminggu sedangkan Simic masih punya punya kontrak Bersama Persija sampai 2023.

PSIS Semarang

PSIS Semarang, dengan kekuatan persuasifnya juga berhasil memertahankan semua pemain asingnya juga. Mulai dari Bruno Silva, Flavio Beck, Wallace Costa hingga Jonathan Cantillana masih setia dengan PSIS Semarang. Tentu ini adalah sebuah keuntungan yang dapat dimiliki oleh PSIS Semarang.

Soalnya begitu Liga 1 diadakan lagi, PSIS tidak perlu waktu lama lagi untuk adaptasi. Memang PSIS Semarang seperti punya magnet tersendiri bagi para pemain asingnya, jadi biasanya mereka akan merasakan kedekatan emosional dengan klub. Seperti yang terjadi pada Bruno Silva yang sudah sempat pindah tapi pada akhirnya pulang lagi dengan PSIS Semarang.

PSS Sleman

Terakhir ada PSS Sleman yang juga berhasil memertahankan kuota pemain asingnya. Mulai dari Guilherme Batata, Zah Rahan, Yevhen Bokhasvili sampai Aaron Evans masih bertana Bersama PSS Sleman. Kredit khusus pun patut diberikan kepada manajemen PSS Sleman yang bisa memertahankan pemain asingnya.

Tidak ada yang pergi merupakan sebuah keuntungan bagi PSS Sleman untuk bisa memperbaiki posisinya dalam klasemen Liga 1. Untuk sementara PSS masih terperangkap di posisi 16, keberadaan pemain asing yang masih lengkap diharapkan dapat membuat tim bisa segera keluar dari papan bawah. Memang virus corona bawa banyak malapetaka, tapi 4 klub Liga 1 ini buktikan masih bisa pertahankan pemain asing.

x

Check Also

PSPS Riau Bayar Gaji Pemain, Tapi Masih Ada 2 Yang Belum Beres

PSPS Riau, peserta Liga 2, baru saja melunasi tunggakan gaji dua pemainnya pada musim lalu. ...