Home > Berita Liga Indonesia > Persik Kediri > Pensiun Dari Sepakbola, Eks Pemain Persik Jadi Makelar Tanah

Pensiun Dari Sepakbola, Eks Pemain Persik Jadi Makelar Tanah

Kediri – Mantan pemain sayap Persik Kediri, Wawan Widiantoro, yang telah memutuskan gantung sepatu pada 2016 lalu itu kini menggeluti pekerjaan baru yang jauh berbeda dari dunia sepak bola.

Bila mantan pemain sepak bola lainnya memilih untuk meneruskan karirnya dengan menjadi pelatih, wasit, atau mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB), Wawan Widiantoro justru memilih untuk menjadi makelar tanah.

“Usai main di PSS 2016, saya belajar usaha properti. Sebenarnya saat itu saya masih mampu main bola. Tapi aturan PSSI dengan batasan usia maksimal 35 tahun untuk klub Liga 2 memaksa saya harus pensiun,” kata pemain yang pernah membawa Persik Kediri menjadi juara Divisi Utama Liga Bank Mandiri 2003 ini.

Menurut penuturan Wawan, dirinya belajar seluk beluk bisnis properti dari seorang teman.

“Ada teman yang sudah terjun lebih dulu di bisnis ini. Awalnya saya ikut dia sambil belajar seluk beluk usaha ini. Setelah itu, saya coba usaha sendiri,” jelas Wawan.

Menurut pria yang akrab dipanggil Permen oleh rekan-rekannya sesama pesepakbola ini, ia mulai menjadi makelar tanah hingga memborong pengerjaan rumah tinggal.

“Pekerjaan . . . Gabung . . . di properti itu banyak. Mulai jual beli tanah, rumah, hingga renovasi. Tapi saya lebih sering jadi makelar tanah baik untuk hunian pribadi atau perumahan,” tuturnya.

Lebih jauh Wawan mengungkapkan, menjadi makelar tanah seperti mencarikan jodoh seseorang.

“Makelar tanah itu seperti biro jodoh. Saya carikan tanah untuk pengembang. Kalau jodoh ya deal, jika tidak cocok bisa batal. Jadi gampang-gampang susah. Kadang juga menjualkan tanah orang,” ujar Wawan.

Selain itu Wawan menjelaskan, seorang makelar tanah harus jujur.

“Makelar tanah tak butuh modal finansial. Modal utama kejujuran. Bagaimana status tanah itu, luasnya, dll. Modal lainnya saya harus pandai bicara untuk meyakinkan calon pembeli,” pungkasnya.

x

Check Also

Jelang Piala Menpora 2021, Persik Lepas 4 Pemain

Jakarta – Menjelang dimulainya Piala Menpora 2021 pada 21 Maret mendatang, Persik Kediri justru kembali ...