Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-16 > Penerapan Sport Science di Timnas U-16 Indonesia Jelang Piala AFC U-16 2020

Penerapan Sport Science di Timnas U-16 Indonesia Jelang Piala AFC U-16 2020

Sleman – Ada yang berbeda pada pemusatan latihan (TC) yang dilakukan oleh Timnas U-16 Indonesia. Kali ini, tim pelatih menggunakan Sport science atau ilmu keolahragaan di dalam untuk melakukan tes ketahanan fisik pemain.

Dalam TC periode bulan ini yang digelar di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut, tim pelatih akan melakukan sejumlah tes komposisi tubuh yang meliputi persentase lemak tubuh, massa otot, tes kekuatan eksentrik otot hamstring, tes power dan vertical jump dengan force plate, tes kekuatan otot isometric hip abductor-adductor dengan force frame, hingga 3D movement analysis dengan humantrack system.

“Dengan test ini saya dan tim pelatih jadi mengetahui sejauh mana kondisi fisik pemain. Saya harapkan nanti hasilnya semua baik. Pemain melakukannya dengan tertib, dan semua pemain turut ikut menjalani test fisik ini,” kata pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, Selasa (8/12/2020).

“Tes ini juga bertujuan untuk mengurangi resiko cedera dan melihat kekurangan pemain sepak bola dari segi strength, postural, movement, power. Sehingga nantinya bisa mempermudah fisioterapis dan pelatih fisik untuk membuat program pencegahan cedera serta peningkatan kemampuan dari si pemain itu sendiri,” . . . Gabung . . . tambahnya.

Metode tes fisik yang dilakukan Timnas U-16 Indonesia ini dilakukan oleh tim ahli KINETICX dari Surabaya, yang bekerjasama dengan VALD PERFORMANCE, sport science technology dari Australia.

Serangkaian tes fisik yang akan dijalani oleh para pemain Timnas Indonesia U-16 tersebut merupakan persiapan menuju Piala AFC U-16 2020, yang rencanananya akan digelar di Bahrain pada awal 2021.

Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup D bersama dengan Jepang, Arab Saudi, dan China.

Juara dan runner-grup akan otomatis lolos ke babak 8 besar dimana tiap tim berebut tiket ke babak semifinal.

Sementara itu, empat tim yang lolos ke babak semifinal Piala AFC U-16 2020 berhak atas tiket ke Piala Dunia U-17 2021 Peru.

x

Check Also

Fisik Pemain Jadi Salah Satu Prioritas Selama TC TImnas Indonesia U-16 di Sleman

Skuad timnas U-16 Indonesia selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman memiliki beberapa target yang ...