Home > Berita Liga Indonesia > Persik Kediri > Pemain Sepakbola Bisa Mengalami Hal Ini Jika Suka Dugem

Pemain Sepakbola Bisa Mengalami Hal Ini Jika Suka Dugem

Kediri – Gelandang Persik Kediri, Reksa Maulana, ikut berkomentar soal pemain sepak bola yang gemar dugem dan pengaruhnya terhadap fisik sang pemain.

Seperti diketahui, dua orang pemain Timnas U-19 Indonesia, yakni Mochamad Yudha Febrian dan Serdy Ephy Fano, dicoret namanya dari daftar pemain setelah melakukan tindakan indisipliner.

Keduanya kedapatan baru kembali ke hotel tempat menginap pemain Timnas U-19 Indonesia pada dinihari setelah menghabiskan waktu di sebuah tempat hiburan malam.

Menurut Reksa Maulana, kebiasaan dugem bagi pemain justru membawa efek negatif bagi fisik sang pemain.

Reksa kemudian mengakui bahwa dirinya juga pernah melakukannya saat libur kompetisi. Namun setelah dugem ternyata kebugaran fisiknya justru menurun drastis.

Menurut Reksa, dugem justru membawa efek negatif bagi kondisi fisik para pemain sepakbola.

“Ya, saya juga pernah lah seperti itu (dugem) saat libur kompetisi,” kata Reksa, Rabu (9/12/2020).

“Besok paginya, fisik drop banget. Jadi, latihan fisik bisa dari nol lagi,” sambungnya.

Karena itu, Reksa mengaku sangat menyayangkan soal dua pemain Timnas U-19 Indonesia yang melakukan dugem di saat mengikuti pemusatan latihan.

“Soal kabar itu sangat disayangkan ya. Apalagi katanya dilakuin pas lagi TC Timnas,” ucap Reksa.

“Kalau . . . Gabung . . . lagi libur, ya bodo amat lah ya. TC juga pakai uang pajak sekarang,” lanjutnya.

Menurut Reksa, ada dua faktor yang membuat pemain muda tergoda untuk melakukan dugem, yakni pergaulan di sekitarnya, dan tidak memiliki fokus untuk mengejar tujuan hidupnya sebagai atlet profesional.

“Menurut saya, satu faktor penting itu lingkungan, pergaulan. Itu menyebabkan mereka berani kayak gitu, kan kalau tidak ada yang ngajakin mereka nggak kayak gitu,” tuturnya.

Reksa kemudian menyarankan agar para pemain muda melakukan kegiatan positif agar tidak tergoda untuk mencicipi gemerlapnya dunia malam.

“Terus juga khusus buat pemain muda banyak melakukan hal positif, kesibukan yang positif biar tidak kepikiran ngelakuin hal yang tidak-tidak. Intinya pergaulan yang harus dijaga,” tegasnya.

x

Check Also

Joko Susilo Akui Lini Serang Persik Masih Butuh Pembenahan

Kediri – Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, melihat lini depan Macan Putih masih perlu dibenahi ...