Home > Berita Liga Inggris > MU Harus Berbebah Meski Baru Saja Menang Telak Atas Leeds

MU Harus Berbebah Meski Baru Saja Menang Telak Atas Leeds

Walau Manchester United sukses mengalahkan Leeds United pada laga pekan ke-14 Premier League 2020/2021 bukan berarti mereka tidak lagi memiliki pekerjaan rumah. Mereka tetap masih harus berbenah. Dalam pertandingan melawan Leeds, masalah United memang tak muncul lagi. Mereka mampu memanfaatkan peluang yang dimiliki untuk mencetak gol.

United mampu mencetak enam gol pada laga yang dihelat di Old Trafford, Minggu (20/12). Raihan ini lebih tinggi daripada expected goals (xG) mereka yang hanya 4,78. Yang ada masalah di United saat ini masih berkutat di sektor pertahanan. Skuad besutan Ole Gunnar Solskjaer ini masih harus membuat benteng pertahanan mereka lebih rapat dari serbuan lawan.

United kebobolan dua gol dalam pertandingan ini. Yang lebih banyak dari xG Leeds United, yang ‘hanya’ 1,63. Dari data Understat, 14 dari 17 tembakan penggawa Leeds terjadi di kotak penalti mereka. Dari 14 sepakan tersebut, tiga di antaranya memiliki nilai xG tinggi, yang berarti sepakan tersebut memiliki peluang besar untuk menjadi gol.

Tiga sepakan ini adalah sepakan Patrick Bamford pada menit 7, Raphinha pada menit 49, dan Jack Harrison pada menit 49. United beruntung, para penyerang Leeds tak begitu bagus dalam menuntaskan peluang. Dari 14 tembakan di dalam kotak penalti, hanya dua yang mengarah . . . Gabung . . . ke gawang.

Dari dua tembakan tersebut, satu ditepis oleh David de Gea, sedangkan satu lagi berbuah menjadi gol. Adalai tambahan yang menjadi sorotan dalam permainan United pada pertandingan melawan Leeds United yaitu performa David de Gea. Di pertandingan ini, kiper asal Spanyol tersebut memang melakukan satu penyelamatan krusial. Akan tetapi, secara statistik, penampilannya tak terlalu bagus.

Dua gol yang bersarang ke gawang De Gea pada laga ini sesungguhnya tak terlalu berbahaya. Gol pertama Leeds, melalui sundulan Liam Cooper, sesungguhnya hanya memiliki nilai xG sebesar 0,1. Sementara, gol kedua, yang dicetak Stuart Dallas dari luar kotak penalti, bahkan hanya memiliki nilai xG sebesar 0,03.

Daya fokusnya De Gea wajib dibenahi agar bisa mengantisipasi peluang-peluang yang mengarah ke gawangnya. Paling tidak, ia tak sampai harus memungut bola akibat kebobolan gol yang seharusnya bisa ia antisipasi.

x

Check Also

Bruno Fernandes Andalan Solskjaer Untuk Bawa MU Raih Gelar Juara

Manchester – Gelandang serang Bruno Fernandes disebut oleh manajer Manchester United , Ole Gunnar Solskjaer ...