Home > Berita Liga Champions > Momen Buffon Gagalkan 7 Tembakan Messi

Momen Buffon Gagalkan 7 Tembakan Messi

Predikat ‘tua-tua keladi’ memang sangat pantas disematkan kepada kiper legendaris Juventus, Gianluigi Buffon. Di usia 42 tahun, pria berkebangsaan Italia itu bisa membendung tujuh tembakan bintang Barcelona, Lionel Messi.
Andrea Pirlo selaku pelatih Juventus membuat kejutan dalam starting XI saat menghadapi Barcelona di pertandingan pamungkas fase grup Liga Champions, Rabu (9/12/2020). Ia tidak memainkan Wojciech Szczesny yang berstatus sebagai kiper utama.

Sebagai gantinya, Pirlo memainkan Buffon di bawah mistar gawang Bianconeri. Buffon berhasil membuktikan bahwa kualitasnya tidak memudar meski jauh dari kata muda dan berhasil mencatatkan clean sheet. Pertandingan itu berakhir dengan kedudukan 3-0 untuk kemenangan Juventus.
Dua dari tiga gol Bianconeri diborong Cristiano Ronaldo dari titik putih, sementara sisanya dicetak Weston McKennie.

Barcelona bukannya tidak berdaya pada pertandingan kali ini. Malah sebaliknya, kalau melihat catatan pertandingan, pasukan Ronald Koeman itu mendominasi permainan dengan torehan 20 tembakan. 11 dari 20 tembakan itu dilepaskan oleh Lionel Messi, dan tujuh di antaranya berhasil menemui sasaran.
Dengan statistik itu, seharusnya pria berusia 33 tahun itu mampu mengantongi sedikitnya satu gol.

Tapi Messi dibuat tidak . . . Gabung . . . berdaya di hadapan Buffon yang berhasil menghentikan ketujuh tembakan itu. Uniknya, ini adalah kali pertama Messi melepaskan tujuh tembakan tepat sasaran sejak Oktober 2018 lalu. Rivalitas hanya terjadi di lapangan.
Saat wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, pemain Juventus dan Barcelona menunjukkan rasa hormatnya satu sama lain di lapangan.

Messi dan Buffon juga terlihat bertatap muka dan saling bertukar kata di momen itu. Setelah obrolan selesai, keduanya melakukan tradisi bertukar seragam sebagai bentuk penghormatan atas satu sama lain. Menurut statistik, Messi sudah berhadapan dengan Buffon sebanyak enam kali di sepanjang karirnya.
Tapi pria asal Argentina itu hanya mampu menjebol gawangnya pada salah satu pertandingan itu.

x

Check Also

Menangi Liga Champions, N’Golo Kante Justru Ogah Cium Trofi

Jakarta – Chelsea berhasil memenangkan trofi Liga Champions musim ini setelah mengalahkan Manchester City dengan ...