Home > Timnas Indonesia > Menpora Tegaskan Kembali Dukungannya Untuk Pengembangan Timnas Indonesia

Menpora Tegaskan Kembali Dukungannya Untuk Pengembangan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-19 berencana menggelar pemusatan latihan (TC) di Spanyol sebelum pergantian tahun. Namun untuk tanggal keberangkatan ke Spanyol, dan kepulangan ke Indonesia belum bisa dipastikan, karena PSSI masih mengurus sejumlah hal.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mendukung program PSSI yang terus mengembangkan timnas di level kelompok usia. Dia siap memfasilitasi keperluan yang dibutuhkan dalam TC di negara mana pun.

“Ketum PSSI menyampaikan bisa mengirim tim ke Kroasia untuk berlatih, dan nanti akan mengirim lagi. Secara berseloroh, saya menantang kepada ketua umum, mau TC di mana? Bilang ke saya. Mau TC di bulan pun, saya oke,” ucap Zainuddin dalam acara Youth Fun Juggling Competition di Surabaya, Sabtu (12/12/2020).

Pernyataan Zainuddin itu mengindikasikan dukungan Kemenpora yang maksimal bagi Timnas Indonesia. Artinya, demi kebaikan sepak bola nasional, negara mana pun bisa dipilih.

Dukungan dari Kemenpora terhadap sepak bola tersebut dilandasi oleh Instruksi Presiden (Inpres) No. 3 tahun 2019. Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo menghendaki percepatan prestasi sepak bola. Pengembangan kelompok usia menjadi salah satu yang utama.

“Itu karena perintah presiden kepada saya. Oleh karena itu tidak mungkin kemenpora jalan sendiri tanpa bersama-sama dengan PSSI. Presiden Jokowi mendukung sepak bola kita. Ini satu-satunya cabor yang ada Inpresnya. Kebetulan Ketua Umum PSSI-nya teman, sahabat, kawan. Jadi enak ngomongnya,” imbuhnya.

Mengapresiasi Dukungan Menpora

Ketum PSSI, Mochammad Iriawan, mengapresiasi dukungan yang diberikan Menpora Zainuddin Amali. Tim Garuda Muda diproyeksikan bakal tampil di Piala Dunia U-20 2021 dengan Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

“Sesuai dengan arahan Pak Menteri, . . . Gabung . . . sampai TC ke bulan pun silakan. Saya sendiri ketua panitia atau tim prestasi sepak bola nasional. Yang bisa saya laporkan adalah perkembangan anak-anak Timnas Indonesia U-19 yang akan nanti menuju U-20,” ucap Mochammad Iriawan.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 menggelar pemusatan latihan sekaligus laga uji coba di Kroasia pada Oktober lalu. Dari 11 pertandingan, skuad arahan Shin Tae-yong itu mampu memetik lima kemenangan, dan masing-masing tiga seri dan kalah.

“Bisa dilihat bagaimana peningkatan mereka sewaktu latihan di kroasia. Sayang, kita kena pandemi COVID-19, enam bulan menganggur. Tetapi kalau tidak, mungkin akan lebih bagus lagi. Mereka memilih peningkatan luar biasa,” ujar pria yang karib disapa Iwan Bule itu.

Menang Besar dan Tak Terkalahkan

Peningkatan pesat yang ditunjukkan oleh Timnas Indonesia menonjol dengan tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir. Kemenangan dengan skor mencolok juga diraih melawan dua tim lokal Kroasia. Masing-masing 3-0 atas NK Dugopolje dan 4-0 atas Hajduk Split.

“Dukungan Pak Menteri luar biasa. InsyaAllah akhir bulan ini akan berangkat, kami pilih Spanyol karena sepak bola di sana maju. Suhunya antara 22-25 derajat celsius di sana dan itu sesuai saat pertandingan suhu Indonesia,” tutur Iwan Bule.

x

Check Also

Alasan Shin Tae-yong Balik ke Korea Selatan Ternyata Bukan Karena Kesehatan

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan kembali ke Korea Selatan untuk beberapa waktu ...