Home > Berita Liga Inggris > Mengintip Lagi Kiprah Legenda Manchester United, Peter Schmeichel

Mengintip Lagi Kiprah Legenda Manchester United, Peter Schmeichel

Manajemen Manchester United mungkin tidak pernah mendengar nama Ir. Soekarno. Tapi, klub berjuluk Setan Merah ini menerapkan pitutur Presiden Pertama Republik Indonesia itu soal menghargai jasa para pahlawan.

Medio November 2020 lalu, United merayakan ulang tahun ke-57 salah seorang pahlawan mereka, Peter Schmeichel. Kiper legendaris Setan Merah itu lahir di Gladsaxe Denmark pada 18 November 1963.

Schmeichel merupakan salah satu pahlawan United dalam masa-masa keemasan mereka. Setelah bergabung dengan Setan Merah pada 6 Agustus 1991, The Great Dane (julukan Schmeichel) menjadi bagian yang nyaris tidak tergantikan.

Bersama United, sampai meninggalkan Old Trafford pada akhir musim 1998/1999, ayah kiper Leicester City, Kasper Schmeichel ini mengoleksi lima gelar juara Liga Inggris, tiga gelar juara Piala FA, satu gelar juara Piala Liga, empat trofi Charity Shield, satu gelar Liga Champions, dan 1 Piala Super Eropa.

Sebagai bentuk penghargaan kepada pahlawan mereka ini, manajemen Manchester United memberi persembahan khusus bagi Schmeichel. Mereka menyortir ribuan penyelamatan yang dilakukan Schmeichel bersama United dan memilih sepuluh penyelamatan terbaik di antaranya.

Video cuplikan dari sepuluh penyelamatan terbaik ini dikompilasi dan diunggah di kanal Youtube resmi Setan Merah. Ingin tahu penyelamatan mana saja yang terpilih?

Berikut artikel selengkapnya:

10. vs Coventry City (Highfield Road 93/94)

Penyelamatan terbaik kesepuluh Schmeichel saat berseragam United terjadi pada kunjungan ke kandang Coventry City. Pertandingan pekan ke-17 Premier League musim 1993/1994 ini dihelat di Highfield Road pada Sabtu, 27 November 1993.

United menang 1-0 pada pertandingan ini melalui gol Eric Cantona pada menit 60. Tapi, kemenangan ini tidak diraih dengan mudah. Tuan rumah melalui Mickey Quinn berulang kali meneror gawang United.

Beruntung Schmeichel tampil ciamik dan menghalau bola yang mengancam gawangnya. Puncak penampilan Schmeichel terjadi saat ia sukses menepis sepakan keras jarak dekat Chris Marsden. Marsden sendiri sebelumnya menyusup di antara Paul Ince dan Paul Parker untuk menyambut umpan sundulan John Williams.

Sepakan keras Marsden bisa menggagalkan kemenangan United. Tapi, Schmeichel memastikan timnya pulang dengan oleh-oleh tiga poin dari pertandingan itu.

9. vs West Ham United (Upton Park 1993/1994)

Posisi kesembilan diisi dengan penyelamatan yang dilakukan Schmeichel pada pertandingan melawan West Ham United musim 1993/1994. Waktu itu, penyelamatannya menghindarkan United dari kekalahan pada kunjungan ke Upton Park itu.

Berawal dari umpan sepakan bebas Mike Marsh, Trevor Morley menyundul bola ke pojok kiri bawah gawang. Bola seakan sudah pasti masuk. Tapi, dengan refleks luar biasa, Schmeichel terbang dan menepis bola yang meluncur deras menuju gawangnya.

Pada pertandingan pekan ke-31 Premier League 1993/1994, yang diadakan pada Sabtu (26/02) ini, United akhirnya bermain imbang 2-2.

8. vs Arsenal (Old Trafford 1992/1993)

Schmeichel gagal membawa United menang pertandingan melawan Arsenal itu. Pada pertandingan pekan ke-30 Premier League musim 1992/1993, yang diadakan di Old Trafford, Rabu 24 Maret 1993 ini, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Tapi, Schmeichel berhasil memastikan United mendapat satu poin pada pertandingan itu. Berulang kali, Schmeichel menghalau serangan Arsenal pada pertandingan ini. Salah satu penyelamatan yang paling penting adalah saat ia berhasil menghalau serbuan Kevin Campbell yang sudah lepas dari kawalan pemain bertahan United.

7. vs Crystal Palace (Old Trafford 1991/1992)

Mark Hughes bisa jadi merupakan pencetak dua gol kemenangan Manchester United pada pertandingan melawan Crystal Palace pada pertandingan pekan ke-30 Premier League 1991/1992. Tapi, kemenangan dua gol tanpa balas pada pertandingan yang diadakan di Old Trafford, Sabtu 22 Februari 1992 ini tak akan terjadi tanpa penyelamatan-penyelamatan gemilang Schmeichel.

Palace, yang sudah tertinggal sejak pertandingan berlangsung sepuluh menit, terus membombardir pertahanan United. Berulang kali mereka menciptakan peluang yang mengancam gawang tuan rumah. Tapi, Schmeichel sigap menghalau serbuan tim tamu.

Salah satu peluang emas Palace terjadi saat Eddie McGoldrick berdansa menerobos sisi kiri pertahanan United dan melepas sepakan keras ke gawang. Schmeichel berhasil menghalau bola dengan kakinya. Tapi, bola liar mengarah ke Simon Rodger.

Rodger sendiri kemudian melepas sepakan ke gawang United. Schmeichel, dalam posisi tidak menguntungkan, masih bisa melompat dan menggapai bola yang mengarah ke gawangnya. Alhasil, selamatlah gawang United pada pertandingan itu.

6. vs Arsenal (Highbury 1997/1998)

Schmeichel memang tidak bisa menyelamatkan timnya dari kekalahan pada kunjungan ke Highbury, Sabtu 9 November 1997. Dalam pekan ke-14 Premier League 1997/1998 ini, Setan Merah harus menelan kekalahan 2-3 dari tuan rumah.

Tapi, kalau bukan karena Schmeichel, United bisa jadi kalah dengan skor yang lebih besar lagi. Pasalnya, The Gunners terus menekan pertahanan tim tamu mulai awal sampai akhir pertandingan.

Salah satu peluang Arsenal yang diselamatkan Schmeichel adalah saat Christopher Wreh menerima umpan dari sisi sayap dan melepas sepakan kencang ke arah gawang United. Bola sempat sedikit berubah arah setelah mengenai badan Gary Neville. Namun, dengan refleks luar . . . Gabung . . . biasa, Schmeichel berhasil menghalau bola yang mengarah ke gawangnya. Bola pun kemudian dibuang oleh Neville.

5. vs Liverpool (Anfield 1992/1993)

United meraih poin berharga pada pertandingan pekan ke-33 musim 1992/1993 ini. Pada pertandingan yang diadakan di Anfield pada Sabtu, 6 Maret 1993 ini, mereka mendapat tiga poin penuh setelah menang 2-1. Tidak hanya berutang kepada Mark Hughes dan Brian McClair, dua pencetak gol pada pertandingan ini, United juga harus berterima kasih kepada Peter Schmeichel.

Sepanjang pertandingan ia harus bekerja keras membendung serbuan Ian Rush dan kawan-kawan.
Salah satu peluang emas Liverpool yang digagalkan Schmeichel adalah sepakan keras Don Hutchinson dari dalam kotak penalti United. Menerima umpan sepak pojok Steve McManaman, Hutchinson membalik badan dan langsung melepas sepakan keras ke gawang United. Namun, dengan tangan kirinya, Schmeichel bisa menepis bola yang melaju deras ke gawangnya.

4. vs Inter Milan (Old Trafford 1998/1999)

Dwight Yorke boleh jadi merupakan sosok yang memborong dua gol kemenangan United pada pertandingan Perempat Final Liga Champions 1998/1999 ini dan membawa Setan Merah menang dua gol tanpa balas.

Tapi, tanpa keberadaan sosok Schmeichel, bisa jadi hasil pertandingan yang diadakan di Old Trafford pada Rabu, 3 Maret 1999 ini akan berbeda. Sepanjang pertandingan, Schmeichel bekerja keras menghalau serangan-serangan yang dilancarkan Diego Simeone dan kawan-kawan.

Salah satu penyelamatan terbaik Schmeichel pada pertandingan ini adalah saat menghalau bola sundulan Ivan Zamorano yang mengarah ke gawangnya. Penampilan ciamik Schmeichel ini berlanjut pada pertandingan leg kedua yang diadakan di kandang Inter Milan.

3. vs Newcastle (St James Park 1997/1998)

United menang 1-0 pada pertandingan pekan ke-19 Premier League musim 1997/1998 ini. Gol kemenangan United pada pertandingan yang diadakan di St James Park pada Minggu, 21 Desember 1997 ini dicetak penyerang mereka Andy Cole.

Selain Cole, gelar pahlawan United pada pertandingan ini layak juga disematkan kepada Peter Schmeichel. Pada pertandingan ini, raksasa dari Denmark ini membuat sejumlah penyelamatan ajaib. Salah satu penyelamatan ajaib ditunjukkannya saat menggagalkan peluang John Barnes.

Sebelumnya, Barnes sukses memperdayai Sheringham dan melepas sundulan keras ke gawang United. Tapi, Schmeichel menunjukkan reaksi luar biasa untuk menghalau bola yang melaju ke gawangnya.

2. vs Arsenal (Villa Park 1998/1999)

Kemampuan lain Schmeichel adalah kebolehannya dalam menggagalkan sepakan penalti lawan. Hal inilah yang ia tunjukkan pada partai ulangan Semifinal Piala FA 1998/1999 melawan Arsenal. Pada pertandingan yang diadakan di Villa Park, Rabu (14/04) ini, Schmeichel sukses menepis sepakan penalti Dennis Bergkamp.

Sepakan penalti ini sendiri berawal dari pelanggaran Phil Neville terhadap Ray Parlour. Bergkamp dengan percaya diri mengambil eksekusi penalti ini. Tapi, dengan tidak kalah percaya diri, Schmeichel menghadapinya dan mampu menebak arah sekaligus menghalau bola yang meluncur ke gawangnya.

Pada pertandingan ini, United akhirnya menang 2-1. Kemenangan Setan Merah ditentukan Ryan Giggs melalui aksi individunya yang spektakuler pada menit 109.

1. vs Rapid Wina (Gerhard Hanappi Stadium 1996/1997)

Pemuncak daftar penyelamatan Schmeichel saat berseragam Manchester United ditempati penyelamatannya saat menghadapi Rapid Wina, pada pertandingan Grup C Liga Champions musim 1996/1997.

Pada pertandingan yang diadakan di Wina pada Rabu, 4 Desember 1996 itu, United menang dengan skor 2-0. Dua gol United ini dicetak Ryan Giggs dan Eric Cantona. Terlepas dari dua gol United itu, aksi Schmeichel di bawah mistar gawang United juga menjadi sajian utama pada pertandingan ini.

Waktu itu, Schmeichel sukses menepis sundulan keras Rene Wagner yang mengarah ke gawangnya. Padahal, bola sempat memantul tanah dan membuat kiper kian sulit memprediksi arah bola.

“Penyelamatan terbaik saya adalah saat berkunjung ke kandang Rapid Wina di ajang Liga Champions pada Desember 1996. Ada banyak yang menyamakan ini seperti penyelamatan Gordon Banks dari Pele, yang saya anggap sebagai penyelamatan terbaik sepanjang sejarah. Jadi, ini merupakan kehormatan besar bagi saya,” kata Schmeichel, seperti dilansir dari FourFourTwo.

x

Check Also

Thomas Tuchel : Tenang Saja Kurt Zouma Tidak Akan Diseleksi

London – Rangkaian laga pramusim Chelsea kali ini dimanfaatkan oleh sang manajer , Thomas Tuchel, ...