Home > Timnas Indonesia > Mengintip Deretan Pemain Timnas Indonesia Yang Berkarir di Luar Negeri Pada 2021 Nanti

Mengintip Deretan Pemain Timnas Indonesia Yang Berkarir di Luar Negeri Pada 2021 Nanti

Setidaknya ada 10 pemain berlabel timnas Indonesia yang akan berkarier di luar negeri pada 2021 mendatang. Pemain Indonesia yang ingin berkarier di luar negeri bertambah banyak pada akhir tahun 2020 ini. Hal ini dikarenakan tidak adanya kompetisi di Indonesia. Liga 1 dan Liga 2 2020 direncanakan bergulir pada Februari 2021.
Sebelumnya, ada 6 pemain yang berlabel timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri. Mereka di antaranya adalah Yanto Basna (Liga Thailand), Egy Maulana Vikri (Liga Polandia), Witan Sulaeman (Liga Serbia), Elkan Baggott (Liga Inggris), Luah Mahessa (Liga Jerman) dan Kelana Mahessa (Liga Jerman).

Sekarang, ada tambahan 4 pemain yang sudah dikonfirmasi akan berkarier di luar negeri mulai 2021, yaitu Todd Rivaldo Ferre, Brylian Aldama, Ryuji Utomo dan Bagus Kahfi.

1. Todd Rivaldo Ferre (Lampang FC)

Todd Rivaldo Ferre akan bergabung dengan klub kasta kedua Liga Thailand (Thai League 2), Lampang FC. Dalam rilis yang diunggah lewat akun Instagram resmi klub, Persipura Jayapura mengatakan kalau Todd Ferre resmi akan bertolak ke Liga Thailand. Todd Ferre akan bergabung dengan klub Lampang FC yang bermain di Liga 2 Thailand dengan status pinjaman sampai Maret 2021.
Kepindahan mantan pemain timnas U-19 Indonesia itu disyukuri manajemen Persipura sebagai bentuk keseriusan pihak klub membina pemain-pemain muda.

“Ini juga merupakan bukti komitmen Persipura Jayapura dalam upaya pembinaan pemain-pemain muda kami,” tulis rilis resmi Persipura.

“Kami pasti akan dukung apabila ada hal yang sama untuk pemain kita yang lain, karena bermain di luar negeri pasti akan menambah pengalaman, melatih mental, mengasah teknik dan sudah tentu menambah pendapatan mereka.”

2. Brylian Aldama (HNK Rijeka)

Brylian Aldama menambah pemain timnas Indonesia yang berkarier di Eropa, setelah ia dikonfirmasi akan bergabung klub Kroasia, HNK Rijeka. Kabar itu diungkakan oleh perwakilan Mola TV yang menayangkan program Garuda Select, Mirwan Suwarno yang berbicara terkait proses kepindahan Brylian Aldama ke HNK Rijeka.
Brylian Aldama dipastikan akan langsung menandatangani . . . . . . kontrak selama 18 bulan di HNK Rijeka, bukan sebagai pemain trial. Pemain berposisi gelandang menyerang itu sudah meninggalkan timnas U-19 Indonesia sejak 27 November 2020 untuk merampungkan kepindahannya ke Kroasia.

3. Ryuji Utomo (Penang FC)

Ryuji Utomo menjadi pemain Liga 1 kedua setelah Todd Ferre yang memutuskan berkarier di luar negeri pada penghujung 2020 ini. Bek Persija Jakarta itu akan bergabung dengan klub Malaysia, Penang FC. Ryuji datang ke Penang FC dengan status dipinjamkan dari Persija Jakarta sampai Desember 2021.

“Proses kepindahan Ryuji ke Penang FC sudah rampung. Penang tertarik dengan jasa Ryuji karena memiliki kualitas yang sangat baik, serta mempunyai kepribadian yang bagus,” kata Presiden Persija, Mohamad Prapanca.

Penang FC berstatus sebagai tim promosi di kompetisi Malaysia Super League 2021. Mereka menjadi juara Malaysia Premier League (kasta kedua) pada musim 2020.

4. Bagus Kahfi

Beberapa waktu terakhir, pemberitaan media nasional diramaikan dengan saga transfer Bagus Kahfi ke Utrecht. Sempat diberitakan tak jadi gabung karena tenggat waktu dari FC Utrecht terlewati, Bagus Kahfi akhirnya mendapat restu dsri Barito Putera untuk gabung klub Eredivisie itu pada Rabu (2/12/2020). Bagus dikabarkan akan dikontrak 1,5 tahun dan akan bermain di Jong Utrecht, tim cadangan yang bermain di kasta kedua Liga Belanda.

“Bagus Kahfi akan dikontrak selama 18 bulan,” kata perwakilan Mola Tv, Mirwan Suwarso, kepada awal media, Rabu (2/12/2020).

“Sisa waktu tujuh bulan sampai pertengahan musim depan dihitung sebagai recovery, karena mereka perlu menghitung waktu untuk pemulihan recovery sang pemain,” kata Mirwan menambahkan.

x

Check Also

Shin Tae-yong Ingin Empat Pemain Dinaturalisasi, Ini Tanggapan Menpora

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengaku sudah mengetahui perihal adanya permintaan ...