Home > Berita Bola > Bola Internasional > Liga Sepakbola Wanita di Argentina Punya Pemain Transgender

Liga Sepakbola Wanita di Argentina Punya Pemain Transgender

Buenos Aires – Liga sepak bola wanita Argentina kini memiliki pemain sepak bola yang berasal dari transgender setelah Federasi Sepakbola Argentina (AFA) memberikan persetujuan.

Dia adalah Mara Gomez, striker Villa San Carlos, yang belum lama ini ikut membawa klubnya menang dengan skor 7-1 atas Lunas, di kompetisi Primera A, pada Senin (7/12/2020) lalu.

“Ketika saya memulai, sepakbola adalah terapi bagi saya dan saya tidak berpikir mungkin untuk bermimpi atau mempertimbangkan bermain di kasta tertinggi,” kata Gomez.

“Beberapa tahun yang lalu, hal ini tidak terpikirkan untuk dibicarakan atau diperdebatkan, namun sekarang telah membuka jalan baru,” lanjutnya.

“Ini adalah pencapaian besar. Saya sangat berterima kasih kepada klub saya, rekan-rekan setim dan staf pelatih kerena telah membuka pintu bagi saya dan menunjukkan rasa hormat sejak awal,” ucap pemain berusia 23 tahun ini.

“Saya bangga mewakili komunitas saya, selain juga bagian dari masyarakat dan mengetahui bahwa saya telah menjadi referensi bagi banyak orang,” ujarnya.

Gomez berterima kasih kepada AFA yang . . . Gabung . . . menindaklanjuti rekomendasi dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), yang memungkinkan pemain transgender untuk menjadi pemain profesional.

Sementara itu, Lanus juga memberikan penghormatan kepada Gomez seusia laga dengan memberikan jersey klub bertuliskan: ‘Kami merayakan dan mendampingi langkah besar ini dalam perjalanan memperluas hak-hak manusia. Selamat Mara Gomez.’

Bagi Gomez sendiri, sepak bola adalah penyelamat hidupnya.

“Sepakbola datang ke dalam hidup saya ketika saya membutuhkannya,” ujar Gomez.

“Itu terjadi pada saat saya berjuang secara psikologis karena diskriminasi, pengucilan dan saya menganggapnya sebagai terapi. Saya menyadari bahwa sepakbola bisa menjadi gaya hidup saya,” pungkasnya.

x

Check Also

Klasemen Sementara Perolehan Medali Olimpiade Tokyo 2020

Inilah update klasemen sementara Olimpiade Tokyo 2020 per hari Minggu, 25 Juli 2021. Data perolehan ...