Home > Berita Liga Italia > Lawan Lazio, Napoli Tak Bisa Turunkan Skuad Terbaik

Lawan Lazio, Napoli Tak Bisa Turunkan Skuad Terbaik

Duel sengit akan tersaji pada pekan ke-13 dari Liga Italia antara Lazio kontra Napoli di Stadion Olimpico, Roma, Senin (21/12/20) dini hari WIB.

Lazio akan menjalani musim ini dengan cukup mengecewakan. Klub yang pada musim lalu sempat menantang Juventus meraih scudetto itu terjerembab pada peringkat kesembilan klasemen dengan 18 poin berselisih 10 angka dari pemuncak klasemen, AC Milan.

Biancocelesti yang meraih 5 kemenangan, 3 seri, serta sudah menelan 4 kekalahan. Mereka belum juga meraih kemenangan pada dua laga terakhir di Serie A.

Untuk itu, laga kontra Napoli ingin dijadikan sebagai momen dari kebangkitan tim. Walau begitu, tim tamu tentunya tidak akan mengalah begitu saja.

Napoli baru saja menelan kekalahan 1-0 dari Inter Milan pada pekan lalu. Mereka juga ingin segera kembali ke jalur kemenangan dimulai dari markas Lazio.

Lalu, bagaimana kedua tim bakal tampil Senin dini hari nanti? Berikut kami ulas duel perlini antara Lazio vs Napoli.

FORMASI

Lazio (3-5-2)
Napoli (4-2-3-1)

KIPER

Untuk posisi kiper, kedua tim bisa saja menurunkan pemain terbaik dari mereka. Tim tuan rumah Lazio masih saja akan memainkan Pepe Reina yang pada musim ini sudah jadi kiper utama.

Reina sejauh ini sudah tampil dalam tujuh laga Serie A Italia serta kebobolan sembilan gol dengan hanya satu kali saja mencatatkan clean sheet. Meski begitu, ia sudah beberapa kali menyelamatkan Lazio dari hasil yang buruk.

Sementara itu catatan yang lebih bagus ditorehkan oleh David Ospina. Kiper yang berusia 32 tahun itu baru kebobolan empat gol serta sudah tiga kali mencatatkan clean sheet dari enam kesempatan tampil di Serie A.

Kiper asal Kolombia itu mampu tampil tidak mengecewakan untuk bisa menggantikan Alex Meret yang performanya tengah menurun.

BEK

Pada posisi bek, kedua tim akan menggunakan skema yang berbeda di mana Lazio tentu menggunakan tiga bek, sementara Napoli memakai empat bek.

Bicara adu pertahanan, Napoli sudah jelas lebih baik karena mereka baru saja kebobolan 12 gol jauh dari Lazio yang sudah bobol 20 kali.

Barisan pertahanan Lazio sudah menjadi sorotan karena mereka beberapa kali kerap kali melakukan kesalahan. Termasuk yang dibuat oleh Radu pada saat laga melawan Verona pekan lalu.

Sementara kuatnya pertahanan Napoli tidak terlepas dari keberadaan dari duet bek Kostas Manolas dan Koulibaly di pos tengah. Di posisi . . . Gabung . . . fullback, Napoli terbantu dengan keberadaan dari Mario Rui (kiri) dan Lorenzo (kanan).

Di kubu tuan rumah, Lazio bakal semakin was-was karena harus ditinggal Fransesco Acerbi yang menepi karena cedera. Posisinya digantikan oleh Wesley Hoedt di bagian tengah. Untuk posisi kanan dan kiri Lazio masih memercayakan pada Felipe dan Radu.

TENGAH

Pertarungan yang cukup seru bakal tersaji pada lini tengah. Lazio akan menerapkan formasi 3-5-2 yang akan menempatkan lima pemain pada tengah. Sementara Napoli akan memakai formasi 4-3-2-1.

Jika diterapkan dengan benar, formasi milik Lazio memungkinkan mereka untuk bisa melakukan transisi yang lebih baik dalam bertahan serta menyerang.

Dari posisi kiri ke kanan, Lazio sudah diprediksi bakal memainkan Marusic, Alberto, Escalante, Milinkovic-Savic, serta Lazzari.

Sementara itu, pada kubu tim tamu Napoli, pelatih Gennaro Gattuso dibuat cukup pusing oleh absennya tiga pemain bintang mereka, yakni Victor Osimhen, Dries Mertens, serta Lorenzo Insigne.

Insigne harus absen karena sanksi dari kartu merah, sementara dua pemain lainnya harus menepi karena cedera. Sebagai gantinya, Napoli nantinya akan memainkan Zielinski pada sektor gelandang serang, yang akan diapit oleh Politano dan Hirving Lozano.

Dengan formasi 4-2-3-1, Gattuso mampu menyulap Napoli sebagai sebuah tim yang kreatif. Mereka juga akan menempatkan gelandang bertahan yakni Bakayoko juga Ruiz sebagai double pivot pada belakang trio Lozano-Zielinski-Politano demi menambah kuat pertahanan.

DEPAN

Pada posisi depan, Lazio nantinya dapat menurunkan duet terbaik dari mereka. Ciro Immobile serta Joaquin Correa. Kedua pemain ini begitu berperan penting dalam membentuk serangan Lazio sejak musim lalu.

Sementara nasib yang kurang bagus harus didapatkan oleh Napoli lantaran mereka hanya bisa memainkan striker pelapis, Andrea Petagna, sebagai pengganti dari Dries Mertens yang cedera.

Hal ini jelas menjadi kerugian besar, sebab layaknya duet Immbobile-Correa di Lazio, pengaruh  Lorenzo Insigne dan Dries Mertens juga begitu kuat di Napoli dalam mengarungi Liga Italia.

x

Check Also

Laga Pramusim Inter Menang Telak, Hakan Calhanoglu Langsung Cetak Gol

Hakan Calhanoglu langsung menunjukkan performa bagus dengan mencetak gol dalam partai persahabatan yang mempertemukan Inter ...