Home > Berita Liga Inggris > Klopp Ungkap Rutinitas Pemain Muslim Liverpool di Setiap Laga

Klopp Ungkap Rutinitas Pemain Muslim Liverpool di Setiap Laga

Pelatih Juergen Klopp baru-baru ini mengungkapkan bagaimana kebiasaan para pemainnya saat hari di mana ada pertandingan. Hal ini terungkap dalam film dokumenter berjudul The End of Storm yang menceritakan kisah Liverpool menjuarai Liga Inggris pada musim 2019-2020.

Salah satu yang menarik adalah cerita Klopp mengenai kebiasaan para pemain muslim di Liverpool selama pertandingan. Klopp mengungkapkan bagaimana para pemain muslim di Liverpool, terutama Sadio Mane dan Mohamed Salah rutin membasuh tubuh mereka setelah pemanasan.

“Saya senang di sini kami punya budaya yang beragam,” kata Klopp seperti dilansir dari The Guardian.

“Saya akan berkata sangat bagus kalau kami memiliki duta (perwakilan) besar untuk Muslim di tim.”

“Muslim membasuh tubuh mereka sangat sering dalam situasi tertentu. Sebelum pemanasan, setelah pemanasan di mana itu membutuhkan waktu, sehingga kami memutuskan untuk melakukan hal berbeda,” katanya.

Kegiatan membasuh tubuh yang dilakukan Mane dan Salah kemungkinan adalah berwudhu. Wudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh menggunakan air. Biasanya, muslim berwudhu kalau akan melakukan sholat. Klopp mengaku tidak masalah memberikan waktu untuk dua pemain itu melakukan kebiasaan wudhu di setiap pertandingan.

“Kami hanya punya waktu satu jam saat sampai di Stadion dan saat kami kembali ke ruang ganti setelah pemanasan untuk melakukan ritual (wudhu) ini,” kata Klopp.

“Hanya butuh 2 menit untuk melakukan ritual ini. Mudah bagi saya memberikan dua menit yang mereka bisa lakukan, di mana bagi mereka itu sangat penting,” katanya.

Bukan kali ini saja . . . Gabung . . . Juergen Klopp menghormati pemain muslim di Liverpool untuk melakukan wudhu. Pelatih asal Jerman itu pernah mengungkakannya juga pada 2018 lalu saat diwawancara dengan Channel 4 News.

“Salah melakukan hal yang dilakukan muslim lain sebelum pertandingan, termasuk prosedur mencuci anggota badan atau sebagainya, jadi kami datang satu atau dua menit lebih awal di ruang ganti agar dia bisa siap untuk pertandingan, seperti Sadio, atau Emre Can. Mereka semua melakukan hal itu,” kata Klopp.

“Tak ada yang berkata ‘Mau jadi apa kita..’ saya berkata ‘sekarang kita harus menunggu mereka’ Itu sangat normal di dalam tim dan begitulah harusnya kondisi ideal dunia, kami mencoba saling mengerti, menghadapi sesuatu (hal-hal kecil) yang ‘aneh’ bagi satu atau sebagian orang,” jelasnya.

Klopp juga mengatakan Mohamed Salah layak dijadikan representatif muslim saat ini.

“Itu luar biasa, itu yang kita butuhkan sekarang. Melihat seorang yang muda, penuh kebahagiaan, penuh cinta, penuh persahabatan, semuanya, dalam dunia dimana kita semua berjuang untuk mengerti apa yang terjadi di planet ini,” kata Klopp.

x

Check Also

paul pogba

Bila Jadi Hengkang, Gaji Pogba Tetap Dibayar MU Selama Setahun

Manchester – Meskipun Paul Pogba hengkang ke klub lain pada musim panas ini,dikabarkan Manchester United ...