Home > Berita Liga Indonesia > Kapolsek Dicopot Usai Tarkam Sepakbola Dijubeli Penonton

Kapolsek Dicopot Usai Tarkam Sepakbola Dijubeli Penonton

AKP Kasmuri dimutasi pasca-terjadinya kerumuman penonton sepak bola di Lapangan Glora Graha Cibogo, Kelurahan Nyapah, Walantaka, Kota Serang. Rabu (2/12/2020) kemarin. Keputusan pencopotan itu berdasarkan Surat Telegram dari Polda Banten dengan nomor ST/1032/XII/KEP./2020.

AKP Kasmuri diberhentikan dari jabatan sebagai Kapolsek Walantaka dan diberi jabatan sebagai Kasubbagdalops Bagops Polres Serang Kota. Sementara posisi Kapolsek Walantaka digantikan oleh AKP Sudibyo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolsek Serang. Hal itu dikonfirmasi oleh Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto.

“Mutasi kapolsek ini kewenangan polda, ini kebijakan pimpinan, kami hanya menjalankan tugas,” kata Yunus.

Yunus mengatakan, salah satu pertimbangan pergantian Kapolsek Walantaka adalah pembiaran terhadap adanya kerumunan penonton di sebuah turnamen sepak bola. Pasalnya, turnamen antar kampung ini sudah melanggar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Di antaranya memicu kerumuman massa hingga mencapai ribuan penonton. Selain, itu sebagian besar penonton tidak mengenakan masker dan saling berdempetan.

“Mungkin ada pertimbangan (terjadinya kerumunan) karena keputusan (mutasi) kewenangannya dari Polda, mungkin ada . . . Gabung . . . evaluasi terkait kinerja,” kata Yunus.

Peristiwa kerumunan penonton sepak bola menjadi pelajaran, dan ia berharap kejadian serupa tidak terulang.

“Tentunya ini perhatian dari kita, evaluasi bagi kita dan tìdak berharap ini terjadi kembali di wilayah Serang Kota,” katanya.

Kerumunan penonton itu terjadi pada turnamen yang bertajuk Kerbau Cup Ciboga. Sebelumnya, Satgas Covid-19 setempat sudah melarang pihak panitia melanjutkan pertandingan. Tapi himbauan itu tidak diperdulikan pihak panitia dan turnamen tetap dilanjutkan lima pertandingan.
Puncaknya, kejadian ini menjadi viral selepas babak final yang membuat penonton semakin banyak berdatangan.

x

Check Also

Ganti Sponsor Baru, Logo Liga 1 2021/22 Berubah Jadi Biru

Jakarta – Pada kompetisi Liga 1 2021/22 mendatang, kabarnya akan berganti sponsor, yang sebelumnya disponsori ...