Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-16 > Fisik Pemain Jadi Salah Satu Prioritas Selama TC TImnas Indonesia U-16 di Sleman

Fisik Pemain Jadi Salah Satu Prioritas Selama TC TImnas Indonesia U-16 di Sleman

Skuad timnas U-16 Indonesia selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman memiliki beberapa target yang diharapkan dapat terpenuhi salah satunya terkait peningkatan fisik.
TC timnas U-16 Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman diagendakan akan berlangsung dari 6 sampai 23 Desember mendatang.

Sebanyak 26 pemain yang mengikuti TC timnas U-16 Indonesia ini adalah para pemain dari TC bulan-bulan sebelumnya. Karena tim asuhan Bima Sakti ini tiap bulannya sejak Juli lalu sudah memulai mengadakan TC rutin untuk mempersiapkan skuad tim dengan maksimal.
Para pemain yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Asia U-16 2020 ini diharapkan bisa terus meningkatkan keterampilan ataupun kondisi fisiknya.

Salah satunya yang menjadi fokus utama saat menjalani TC di Sleman kali ini yaitu untuk meningkatkan fisik setiap individu pemain. Pelatih fisik, Gilang Ramadhan mengeber fisik Marcell Januar Putra dkk selama menjalani TC di tempat gym hotel mereka menginap.

“Kami berlatih di gym mengenai repetisi maksimal, kami mau melihat beban maksimal dari tiap-tiap pemain, untuk mengetahui program dari masing-masing anak,” kata Gilang Ramdhan sebagaimana dilansir dari laman PSSI.

“Tiap anak mempunyai beban maksimal yang berbeda-beda. Jadi nanti setelah ini didapat, kita akan coba bagi mereka per item nya. Mulai dari strength, power, sampai nanti polymatric,” katanya.

Selain itu, Gilang bahkan mengaku setiap posisi pemain memiliki target dan menu latihan . . . Gabung . . . yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk terus meningkatkan fisik dari setiap individu, sehingga diharapkan para pemain bisa terus berkembang.
Ini juga yang diperlihatkan dari beberapa posisi seperti pemain kiper, fisik mereka difokuskan pada kekuatan di tangan dan bahu harus bisa lebih kuat.

“Sementara posisi lain lebih kuat di leg press nya, karena otot quadriceps nya. Malahan hamstring mereka kurang kuat, 3 banding 1 dengan kekuatan otot kaki depannya,” kata Gilang.

Tapi secara keseluruhan, Gilang mengaku selama TC berlangsung kondisi para pemain terus meningkat dan menunjukkan perkembangan luar biasa. Hanya saja, untuk melihat perkembangan yang signifikan hal itu dapat dilihat dari lawan yang akan mereka hadapi kedepannya.

“Kalau internal game, kami sudah tahu lawannya. Kondisi fisik mereka lagi naik, karena kami juga sudah beberapa kali treatment latihan endurance, speed sama latihan strength. Jadi kami seminggu itu selalu ada latihan tiga item itu,” katanya.

x

Check Also

Bima Sakti Soroti Komunikasi Antar Pemain Timnas U-16 Belum Baik

Jakarta – Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, menyebut masalah yang masih harus diperbaiki anak ...