Home > Berita Liga Jerman > Dortmund Alami Penurunan Drastis Saat Haaland Absen

Dortmund Alami Penurunan Drastis Saat Haaland Absen

Borussia Dortmund kembali mengalami penurunan performa drastis pada Bundesliga Jerman ketika striker andalan dari mereka, Erling Haaland, dipaksa harus absen.

Borussia Dortmund harus menelan pil pahit saat bertandang ke markas Union Berlin dalam lanjutan dari Bundesliga Jerman 2020-2021. Pada laga tersebut, Die Borussen harus ditekuk dengan skor akhir 1-2.

Borussia Dortmund sebetulnya sudah menguasai jalannya pertandingan. Marcus Reus dkk memegang 71 persen dalam penguasaan bola.

Namun apa boleh buat, sepasang gol dari Taiwo Awoniyi (57′) juga Marvin (76′) hanya bisa dibalas lewat gol dari Youssoufa Moukoko (60′). Dengan kekalahan ini, perjuangan Dortmund untuk kembali bersaing pada puncak makin sulit.

Mereka baru bisa menang satu kali dari lima laga terakhir dalam Bundesliga yang sisanya adalah dua kali imbang serta dua kali kalah. Dortmund melorot ke peringkat empat klasemen dan berselisih enam angka dari sang pemuncak, Bayer Leverkusen.

Buruknya penampilan dari Dortmund ini tak terlepas dari absennya sang bintang muda mereka, Erling Haaland. Haaland terkonfirmasi tengah mengalami cedera hamstring pada 3 Desember lalu. Ia juga diperkirakan bakal absen hingga awal tahun 2021.

Dalam masa cederanya, Haaland telah melewatkan enam kali laga Dortmund baik di Bundesliga maupun pada Liga Champions. Dari enam pertandingan tersebut, Dortmund hanya meraih 2 menang, 2 seri, serta 2 kalah. Dortmund mencetak 8 gol serta kebobolan 11 gol.

Dua kekalahan itu sendiri termasuk saat ketika mereka sudah dibantai 1-5 oleh VfB Sttutgart di Signal Iduna Park. Kekalahan atas Stuttgart itu sampai menggiring pemecatan dari pelatih Lucien Favre.

Ketergantungan Haaland

Borussia Dortmund memang begitu ketergantungan dengan kehadiran dari Erling Haaland dalam meraih sebuah kemenangan musim ini. Sebetulnya, situasi ini juga sudah dirasakan sejak musim lalu kala dirinya bergabung pada musim dingin.

Striker yang masih berusia . . . Gabung . . . 20 tahun itu sudah mencetak 10 gol serta 2 assist dari 8 pertandingan Bundesliga 2020-2021 ini. Haaland juga jadi andalan didalam Liga Champions dengan torehan 6 gol dari 4 laga.

Erling Haaland selalu berkontribusi dalam kemenangan dari Dortmund ketika dirinya ikut bermain. Tercatat, dari enam kemenangan Bundesliga yang diraih oleh Haaland bersama Dortmund, dirinya selalu saja menorehkan gol.

Bahkan sebelum cedera, ia juga mencetak empat gol alias quatrik ke gawang Herta Berlin ketika timnya menang telak 2-5. Haaland juga sudah membuat dua kali brace sampai pekan ke-8 Bundesliga.

Dua brace juga sudah dicetak Haaland di Liga Champions, yakni masing-masing dalam laga kandang-tandang melawan Club Brugge yang sudah berakhir dengan skor identik 3-0.

Haaland selalu mencetak gol dalam empat laga yang ia ikuti di kompetisi tertinggi Eropa tersebut, yakni saat kalah 1-3 dari Lazio, menang 2-0 dari Zenit, dan menang dua kali dari Club Brugge.

Maka tak heran jika Borussia Dortmund begitu merindukan sosok Erling Haaland. Andai saja ia bisa bermain, mungkin Die Borrusien tak terpuruk seperti saat ini.

Beruntungnya, kabar terakhir melaporkan kondisi Erling Haaland mulai pulih lebih cepat dari dugaan. Ia dikabarkan bakal segera turun sebelum pergantian tahun.

Semoga saja kabar itu benar adanya sehingga Borussia Dortmund bisa segera kembali ke papan atas Bundesliga untuk bersaing di jalur juara dengan Bayern Munchen dan Bayer Leverkusen. Munchen sendiri musim ini juga tengah tampil inkonsisten.

x

Check Also

Sami Khedira

Gantung Sepatu! Sami Khedira Pamit Lewat Instagramnya

Jerman – Dunia sepak bola profesional harus menerima kabar pensiun dari Sami Khedira. Gelandang asal ...