Home > Berita Liga Champions > Deretan Pemain U-17 Yang Pernah Tampil di Liga Champions

Deretan Pemain U-17 Yang Pernah Tampil di Liga Champions

Wonderkid dari Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko sedang menjadi buah bibir. Ia baru saja tercatat sebagai sosok pemain termuda di Liga Champions setelah melakoni debutnya pada kompetisi ini pada usia 16 tahun 18 hari,.

Moukoko sudah masuk sebagai pemain pengganti pada menit 58′. Ia menggantikan pemain senior, Felix Passlack saat ketika Borussia Dortmund berhadapan dengan Zenit St. Petersburg pada matchday 6 Liga Champions 2020/2021.

Pada 22 November silam, ia juga tercatat sebagai pemain sosok termuda di Bundesliga. Kini, rekor serupa dicetaknya pada pentas Liga Champions.

Moukoko melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Celestine Babayaro (16 tahun 18 hari). Sosoknya digadang-gadang bakal jadi pemain masa depan Borussia Dortmund.

Berikut ini lima pemain termuda di pentas Liga Champions. Satu di antaranya pernah berkarier di Barcelona, namun kini bermain di Birmingham City, klub kasta kedua Liga Inggris.

Celestine Babayaro (16 Tahun 87 Hari) – Steaua vs Anderlecht, 23 November 1994

Celestine Babayaro, Pemain Termuda yang Jalani Debut di Liga Champions -  Semua Halaman - sportfeat.com

Bek kiri asal Nigeria ini juga pernah menjadi pemain termuda dalam sejarah dari Liga Champions saat ketika ia bermain untuk Anderlecht melawan Steaua pada penyisihan grup 1994/1995.

Menariknya, terobosan dari debutnya membuat lebih dari satu rekor, karena Babayaro menjadi pemain termuda yang diusir keluar lapangan, 37 menit kemudian. Dia bergabung dengan Chelsea pada tahun 1997, memenangkan Piala UEFA Cup Winners ‘Cup dan FA Cup.

Rayan Cherki (16 Tahun 102 Hari) – Zenit vs Lyon, 27 November 2019

One to watch: Rayan Cherki

Gelandang serang ini dimasukkan menit 74′ oleh Lyon saat berhadapan dengan Zenit. Cherki baru melakukan debut Ligue 1 sebulan . . . Gabung . . . sebelumnya.

Remaja tersebut telah memamerkan kemampuannya dengan empat gol dalam tiga hari pertandingan UEFA Youth League sebelum promosi, setelah juga mencetak gol di turnamen tersebut pada usia 15 pada September sebelumnya.

Alen Halilovic (16 Tahun 128 Hari) – Dinamo Zagreb vs PSG, 24 Oktober 2012

Youngster Alen Halilovic Reveals Why Things Didn't Work Out for Him at  Barcelona | 90min

Dinamo menelan kekalahan kandang dari PSG ketika Halilovic masuk selama lima menit terakhir. Dianggap sebagai talenta Kroasia paling menarik sejak Luka Modric, putra mantan pemain Dinamo Sead Halilovic ini telah menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Kroasia.

Sayang, kariernya menurun dan kini ia bermain untuk tim kasta kedua Liga Inggris, Birmingham City.

Youri Tielemans (16 Tahun 148 Hari) – Anderlecht vs Olimpiakos, 2 Oktober 2013

GW12 Ones to watch: Youri Tielemans

Tielemans masuk ke radar Anderlecht saat berusia lima tahun, dan kemudian membuat kemajuan pesat melalui barisan sebelum bermain selama 90 menit saat kalah dari Olimpiakos pada debutnya di Liga Champions UEFA.

Tielemans menjadi kapten Anderlecht sebelum ulang tahunnya yang ke-20, lalu pindah ke Monaco pada 2017, kemudian membantu Belgia mencapai semifinal Piala Dunia FIFA 2018. Dia sekarang bersama Leicester City di Inggris.

x

Check Also

Menangi Liga Champions, N’Golo Kante Justru Ogah Cium Trofi

Jakarta – Chelsea berhasil memenangkan trofi Liga Champions musim ini setelah mengalahkan Manchester City dengan ...