Home > Berita Liga Spanyol > Catatan Gol Pele Dilewati Messi, Santos Tak Terima

Catatan Gol Pele Dilewati Messi, Santos Tak Terima

Klub asal Brasil Santos sudah menyangkal bahwa kini Lionel Messi dari Barcelona sedang memegang rekor dunia untuk jumlah gol yang sudah dicetak bersama dengan satu klub.

Ketika Messi berhasil mencetak gol ke gawang dari Real Valladolid untuk Barcelona dalam kemenangan dengan skor 3-1 pada awal pekan kemarin, itu sudah menjadi catatannya yang ke-644 bersama dengan klub untuk sekaligus sudah unggul satu lesakan di depan Pele pada saat memperkuat timnas Brasil tersebut.

Meski begitu, Santos sudah meminta gol yang dicetak dalam pertandingan persahabatan serta eksibisi tidak seharusnya diabaikan serta tetap mengakui Pele sebagai pemegang rekor, dengan mereka mengklaim bahwa jumlah golnya adalah 1.091.

Dalam pernyataan panjang yang sudah dipublikasikan di laman resmi klub, Santos menyatakan: “448 gol coba mereka hilangkan [dari Pele] melawan klub-klub top dari musim-musim tersebut. Pele mencetak sembilan gol melawan klub seperti Club America (Meksiko) dan Colo Colo (Chile). Dia juga menjebol gawang Inter Milan delapan kali, salah satu klub terbaik Eropa pada 1960.

“Daftarnya sangat panjang dan melawan klub-klub besar: River Plate, Boca Juniors, Racing, Universidad de Chile, Real Madrid, Juventus, Lazio, Napoli, Benfica dan Anderlecht. Barcelona sendiri, klub Messi saat ini, juga menjadi salah satu korban Pele: empat gol, dicetak dalam empat pertandingan.

“Argumen dari beberapa analis . . . Gabung . . . adalah bahwa 448 gol yang dicetak di pertandingan persahabatan itu dikemas melawan tim yang lemah, seperti klub kecil atau regional. Meski begitu, pertandingan tersebut dimainkan dalam seragam resmi dengan hukum resmi pertandingan sepakbola dan secara resmi tercatat.

“Kita harus ingat bahwa klub hanya dapat memainkan pertandingan persahabatan dengan persetujuan dari federasi regional dan nasional. Itulah salah satu aturan yang diberlakukan oleh FIFA, penyelenggara sepakbola dunia.

“Mempertimbangkan atribut subjektif, seperti kekuatan lawan, tidak ideal untuk mengumpulkan data statistik. Angka-angka tersebut mutlak. Sebuah gol melawan Eibar secara statistik sama dengan gol yang dicetak lawan Valencia. Sebuah gol melawan Transvaal (dari Suriname) bernilai sama dengan gol yang dicetak melawan Real Madrid, di tengah-tengah Santiago Bernabeu.”

Terlepas ini semua, Pele beberapa waktu lalu sudah memberi selamat kepada Messi karena melewati rekornya.

x

Check Also

Alasan Depay Tetap Pilih Barcelona Walau PSG Dan Juventus Menggodanya Terus

Memphis Depay resmi berlabuh ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2021. Juru gedor asal ...