Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-16 > Bima Sakti Menilai Progres Timnas U-16 Indonesia Cukup Baik

Bima Sakti Menilai Progres Timnas U-16 Indonesia Cukup Baik

Walaupun kelemahan timnas U-16 masih menjadi catatan yang harus diperbaiki, Bima menilai progres dari timnas U-16 cukup baik.

Timnas Indonesia U-16 telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta selama satu pekan lebih, dengan jumlah total 26 pemain dibawa pelatih Bima Sakti untuk mengikuti TC yang digelar sejak 6 Desember tersebut.

Peningkatan diperlihatkan oleh para pemain secara keseluruhan pada TC ini. Bima melihat hal tersebut dari bagaimana pemain menjalankan instruksi pada saat menggelar gim internal akhir pekan lalu.

Ada beberapa catatan minor dari permainan tim, namun Bima menilai masih ada waktu dan pemain sendiri lebih banyak memperlihatkan peningkatan jika dibandingkan dengan TC di Kabupaten Bogor, November kemarin.

“Seminggu sudah kami latihan semua progres, dari Senin hingga Sabtu, kami mengadakan gim internal, dari sana kami bisa melihat hal-hal yang perlu dipelajari lagi dan dibenahi, dengan menonton rekaman video,” ujar Bima dilansir situs resmi PSSI.

“Pemain juga semua dalam kondisi yang sehat, hanya saja kemarin Alex [Alexandro Felix Kamuru] sedikit mengalami gangguan di pergelangan kaki, tapi hari ini [15 Desember] sudah bisa kembali bergabung,” sambung eks kapten timnas Indonesia itu.

Masalah yang perlu dibenahi masih pada Transisi permainan. Dan sudah menjadi bahasan sejak timnas U-16 melakoni laga uji coba internasional melawan Uni Emirat Arab (UEA) beberapa bulan . . . Gabung . . . lalu, yang berujung dua kekalahan.

“Dari segi penguasaan bola, mereka sudah mulai bagus, saat bertahan juga sudah kelihatan, jarak antara pemain belakang, tengah dan depan semakin baik,” papar Bima.

“Hal yang perlu kami benahi adalah transisi, ini terus kami perbaiki saat dari dua laga uji coba melawan. Terutama saat transisi negatif [dari menyerang ke bertahan],” imbuh mantan asisten pelatih Luis Milla di timnas Indonesia tersebut.

Seperti pada TC sebelumnya, Bima terus melakukan perubahan pada komposisi pemain yang dipanggil demi mendapatkan skuad yang sesuai dengan keinginannya untuk Piala Asia U-16. Nama-nama yang baru gabung dinilai Bima tak terkendala soal adaptasi.

“Pemain baru saya rasa mereka bagus, ya. Bisa beradaptasi cepat dengan pemain yang lain, juga dari sisi fisik sangat mendukung. Semoga mereka bisa menyatukan visi mereka dengan teman-teman lain, kemudian mereka bisa mengerti game model yang kami inginkan,” tutup Bima.

x

Check Also

Bima Sakti Soroti Komunikasi Antar Pemain Timnas U-16 Belum Baik

Jakarta – Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, menyebut masalah yang masih harus diperbaiki anak ...