Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Biaya TC Timnas U-19 Indonesia Ke Spanyol Tak Ditanggung Pemerintah

Biaya TC Timnas U-19 Indonesia Ke Spanyol Tak Ditanggung Pemerintah

Jakarta – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) langsung menghentikan dana bantuan bagi kegiatan pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 Indonesia setelah FIFA membatalkan rencana gelaran Piala Dunia U-20 2021.

Sebelumnya, PSSI mendapatkan dana bantuan Pelatnas dari Kemenpora untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021. Namun karena Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan maka PSSI tidak bisa lagi menggunakan anggaran keuangan dari pemerintah untuk Timnas U-19 Indonesia.

Kemenpora langsung menghentikan anggaran keuangan tepat setelah FIFA resmi mengumumkan pembatalan Piala Dunia U-20 2021 pada Kamis, 24 Desember 2020 lalu.

Menurut keterangan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, penghentian anggaran dilakukan tepat sebelum Timnas U-19 Indonesia berangkat ke Spanyol.

“Karena FIFA kan sudah menunda. Kami paham itu kan PSSI mempersiapkan untuk pergi ke Spanyol sebelum penundaan FIFA,” kata Gatot S Dewa Broto, Minggu (27/12/2020).

“Jadi yang ingin kami sampaikan dengan adanya keputusan tersebut, makanya rencana untuk PSSI mengirim tim ke Spanyol itu artinya untuk periode Januari hingga akhir 31 Januari. Itu sudah tidak bisa dibiayai oleh Kemenpora,” sambungnya.

Meski saat ini PSSI tetap memberangkatkan skuad Timnas U-19 Indonesia ke Spanyol, maka hal itu sudah tidak ada hubungannya lagi dengan Kemenpora.

“Mereka kan tetap ngotot untuk berangkat kan, tapi kami tidak akan bisa membiayai untuk per 1 Januari hingga 31 Januari ya, itu tidak bisa. . . . . . . Dan itu sudah clear. Artinya kami masih berpikir positif, jangan-jangan PSSI tetap mengirimkan kemarin itu, asumsinya mereka punya uang begitu,” ujar Gatot.

“Itu terserah PSSI, tapi kami sama sekali tidak akan membiayai, karena dengan penundaan Piala Dunia U-20 itu sudah aturan anggaran berbeda. Pak Menpora juga sudah membuat pernyataan terkait itu,” sambung Gatot.

Gatot juga menyampaikan apabila nantinya Timnas U-19 Indonesia sudah tidak bisa bertahan lebih lama di Spanyol karena biaya maka sebaiknya skuad Garuda Muda segera kembali ke Indonesia.

“Tapi kalau mereka tidak punya uang ya terpaksa mereka pulang. Tapi kan PSSI kan pasti tidak mau kehilangan muka kan, jadi pasti pakai dana yang ada lah,” ucap Gatot.

Sebelumnya, PSSI rencananya akan mendapatkan bantuan dana pelatnas sebesar Rp 82 miliar untuk kegiatan TC ke Spanyol, namun karena Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan maka PSSI sepenuhnya harus menanggung biaya TC Timnas U-19 di Spanyol.

x

Check Also

Shin Tae-yong Baru Hentikan Latihan Bila Tenaga Pemain Sudah Habis

Jakarta – Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, memang dikenal disipilin dan keras saat melatih. ...