Home > Berita Liga Indonesia > Bangun Bisnis Konveksi, Firman Utina Punya 30 Karyawan

Bangun Bisnis Konveksi, Firman Utina Punya 30 Karyawan

Mantan pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung, Firman Utina mencoba menjalankan usaha konfeksi. Firman Utina secara resmi pensiun sebagai pesepak bola profesional pada tahun 2018 lalu. Seusai pensiun, lelaki yang berumur 38 tahun itu tidak langsung meninggalkan dunia sepak bola.
Sampai detik ini, Firman masih berkutat dengan dunia si kulit bundar. Tepatnya Firman disibukan dengan Sekolah Sepak Bola yang ia bangun di Kota Tangerang.

“Kegiatan masih di dunia sepak bola,” kata Firman.

“Alhamdulillah di lapangan saya masih membangun akademi SSB di Tangerang,” katanya.

Tapi hal itu ternyata bukan satu-satunya kegiatan yang dilakukan oleh Firman. Pria yang dulu menempati posisi sebagai gelandang tengah ini dalam tiga bulan terakhir memiliki sebuah usaha di luar SSB nya. Usaha yang dipilih Firman adalah dengan menjalankan bisnis konfeksi.
Firman mengaku memilih usaha konfeksi karena melihat banyaknya komunitas olah raga, dan melihat ada peluang di sana. Sehingga bisa dikatakan kalau walau di luar lapangan, tapi tetap saja Firman tidak bisa dipisahkan dari dunia sepak bola.

“Kalau di luar lapangan, menjalankan konfeksi yang sudah dibangun selama tiga bulan ini,” kata Firman.

“Saya lihat banyak orang sekarang punya . . . Gabung . . . komunitas (sepak bola atau olah raga) tersendiri, berarti satu komunitas itu punya tim dan tim itu bisa dilihat kebersamaannya dari penampilan.”

“Itu yang kita ambil, akhirnya saya lebih terjun untuk tiga bulan ini bekerja sama dengan FU15 (nama usaha konfeksi Firman Utina) yang ada di Bandung,” katanya.

Sementara itu walau baru berusia tiga bulan, Firman sekarang sudah memiliki 30 karyawan. Untuk saat ini komunikasi seringkali dilakukan oleh Firman dengan pegawainya. Hal itu bertujuan demi menjaga kualitas produk dan mengontrol pekerjaan. Semua dilakukan secara meeting zoom.

“Kalau karyawan ada sekitar 30 orang,” kata Firman.

“Kami juga sering zoom meeting dengan pengurus yang ada di sini untuk lebih mengontrol pekerjaan mereka, ini yang kita kejar,” katanya.

x

Check Also

AHHA PS Pati FC Mengusulkan Agar Liga 2 2021 Digelar di Sumatera dan Kalimantan

Jakarta – AHHA PS Pati FC Mengusulkan agar Liga 2 2021 digelar di Sumatera dan ...