Home > Berita Liga Jerman > Youssoufa Moukoko, Pemain Berbakat Dortmund Yang Masih Berusia 15 Tahun

Youssoufa Moukoko, Pemain Berbakat Dortmund Yang Masih Berusia 15 Tahun

Borussia Dortmund menjadi tim yang sering dikenal dengan bakat-bakat muda yang dimilikinya. Sekarang Die Borussen sedang disorot dengan keberadaan pemain 15 tahun, Youssoufa Moukoko yang tampil bagus di Borussia Dortmund U-17 dan U-19.

Pemain kelahiran Yaounde ini digadang-gadang akan segera dipromosikan ke tim utama dan berkesempatan melakukan debut di pertandingan melawan Hertha Berlin. Youssoufa Moukoko yang baru akan menginjak usia 16 tahun pada 20 November bisa berlaga sehari setelahnya di pertandingan itu.

Youssoufa Moukoko begitu menonjol di tim muda Dortmund dan begitu piawai mencetak gol. Catatan golnya selama ada di tim muda Dortmund pun begitu mentereng, Youssoufa Moukoko mencetak 141 dari 88 penampilannya di berbagai ajang baik U-17 maupun U-19.

Sekarang Borussia Dortmund hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa memainkan mesin gol barunya yang masih akan terus berkembangl. Youssoufa Moukoko dengan penampilannya sekarang pun menjadi jaminan jangka panjang untuk Borussia Dortmund.

Youssoufa Moukoko merupakan pemain kelahiran 20 November 2004, yang menghabiskan 10 tahun sejak kelahirannya dengan tinggal bersama kakek-neneknya di Kamerun. Tahun 2014, barulah Moukoko ikut ayahnya ke Jerman dan tinggal di Hamburg.

Sejak awal keberadaanya di Jerman itu, Youssoufa mengasah bakat sepak bolanya di akademi St. Pauli. Tampil bagus Moukoko pun dilirik akademi Borussia Dortmund dan akhirnya pindah pada Juli 2016. Tampil pertama kali di usia 13 tahun bersama Dortmund U-17, Moukoko selanjutnya semakin berkembang dan sampai sekarang mencatatkan gol yang melimpah.

Di Dortmund U-17 Moukoko mencetak 90 gol dari 56 pertandingan sedangkan di U-19 Moukoko mencetak 47 gol dari 25 pertandingan. Moukoko di level nasional juga sudah membela Jerman U-20 dan sudah mencatatkan dua kali penampilan, setelah tampil memukau di Jerman U-16 dengan tiga gol dari empat penampilan.

Situs resmi Bundesliga bahkan menilai gaya bermain Youssoufa Moukoko dengan sang megabintang sepak bola Lionel Messi. Hal yang dinilai dari kecakapan Moukoko saat berhadapan dengan bek-bek yang tubuhnya lebih besar dari pada dirinya.

Moukoko bisa menghadapi hadangan pemain yang jauh lebih besar darinya dengan kemampuannya dalam mengontrol bola. Moukoko juga memiliki kaki dominan di kiri sama seperti Lionel Messi. Catatannya . . . Gabung . . . sekarang yang bisa mencetak 141 gol dari 88 pertandingannya juga mengingatkan kepada Lionel Messi yang bisa dengan mudah mencetak gol.

Impresifnya catatan itu juga menjadi suatu yang menjanjikan untuk Youssoufa Moukoko. Youssoufa Moukoko ternyata memang memiliki DNA sebagai pesepak bola di keluarganya. Kakaknya yang sekarang berusia 20 tahun Borel Moukoko merupakan seorang bek kiri yang pernah membela SW Essen dan telah tampil dua kali sebelum cedera menimpanya.

“Kalau talenta sepak bolanya menurun dalam keluarga, dia akan menjadi pesepak bola yang menarik,” kata Ralf vom Dorp pelatih SW Essen menyasar pada fakta bahwa Borel memiliki tantangan berat untuk menghadapi Youssoufa, saudaranya.

Borel sendiri mengatakan kalau Youssoufa merupakan keajaiban yang banyak dipikirkan oleh banyak orang.

“Saya ingin menjadi seorang profesional bersama Dortmund, memenangkan Liga Champions bersama klub, dan memenangkan Ballon d’Or.” Moukoko mengatakan targetnya.

“Dia sangat muda dan sudah sangat baik. Suatu hari nanti dia akan menjadi seorang profesional. Hanya cedera yang bisa menghentikannya. Dia memiliki teknik yang sangat baik, kecepatan, dan penyelesaian yang baik. Itu adalah tiga kemampuan menonjolnya yang menyatu.” Kata pelatih Borussia Dortmund U-19, Michael Skibbe.

“Kami sangat senang. Ini akan membantu klub dan juga membantu perkembangan pemain muda lain. Kebanyakan klub sekarang ingin memberikan kesempatan kepada pemain muda terlebih kepada yang bertalenta sehingga bisa maju ke step selanjutnya.” Kata koordinator akademi Borussia Dortmund Lars Ricken.

“Moukoko jauh lebih baik daripada saya pada usianya. Saya belum pernah melihat pemain 15 tahun sebaik ini dalam hidup saya. Keuntungan untuknya adalah dia sudah bermain untuk Dortmund pada usia 15 tahun. Di usianya, saya masih bermain di kota asalku, Bryne.” kata Erling Haaland, di kamp pramusim Dortmund di Swiss.

x

Check Also

Bayern Munchen Dan Borussia Moenchengladbach Berbagi Skor 1-1 Di Laga Pembuka Bundesliga

Jerman – Pada laga pembuka Liga Jerman 2021/2022 Bayern Munchen berhadapan dengan Borussia Moenchengladbach, laga ...