Home > Berita Bola > Top Skor Sepanjang Masa, Ronaldo Dekati Torehan Pele

Top Skor Sepanjang Masa, Ronaldo Dekati Torehan Pele

Mendengar predikat pencetak gol terbanyak di sepak bola, mungkin kebanyakan orang akan merujuk dua nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tapi, bahkan sampai saat ini kedua nama itu belum masuk 3 besar top skor atau pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Sejumlah nama pesepakbola yang eksis di abad ke-20 ternyata memiliki raihan gol lebih banyak dari kedua megabintang Ronaldo dan Messi.

Berikut daftar 10 besar pencetak gol terbanyak sepanjang masa beserta statistik kariernya:

10. Tulio Maravilha (575 Gol)

Tulio Maravilha merupakan pesepakbola asal Brasil yang aktif bermain sejak 1988 sampai 2019 lalu. Sepanjang kariernya Tulio mencetak 575 gol, tapi belum ada data pasti berapa pertandingan yang udah ia jalani. Selama 31 tahun merumput, Tulio tercatat pernah membela 38 klub berbeda. Raihan gol terbanyak Tulio adalah saat ia membela Botafogo, di sana ia mencetak 59 gol dari 87 pertandingan.

Bersama sejumlah klub, Tulio pernah 4 kali tercatat sebagai top skor liga. Tahun 2014 ia pernah mengklaim raihan seribu gol dalam kariernya, dihitung dari semua pertandingan, termasuk persahabatan dan pertandingan amatir.

9. Uwe Seeler (575 Gol)

Penyerang kelahiran Hamburg ini merupakan salah satu pemain sepakbola tersubur di Jerman. Selama merumput di 649 pertandingan, ia menorehkan 575 gol. Sejumlah sumber mengatakan jumlah gol yang ia torehkan lebih dari itu. Dilansir laman Bundesliga, Seeler mencatatkan 404 gol dalam 476 pertandingannya bersama Hamburg SV, dari jumlah itu 137 gol dicetak di ajang Bundesliga. Dengan raihan itu ia tempati urutan ke-18 pencetak gol terbanyak di Bundesliga.

Seeler juga mencetak banyak gol saat bermain di pertandingan internasional. Bersama Jerman Barat saat itu, Seeler mencetak 43 gol dalam 72 caps. Di masa aktifnya ia sering disebut sebagai pesaing Pele, ia pernah melewati 4 Piala Dunia melawan legenda asal Brasil itu. Pemain kelahiran 1936 ini pernah 11 kali menjadi top skor Bundesliga, dan 3 kali meraih predikat pemain terbaik Jerman.

Kecintannya kepada Hamburg membuatnya terpilih menjadi presiden klub itu pada tahun 1995. Sebagai rasa hormat atas prestasinya, Hamburg SV membuatkan monument cetakan kaki Seeler di luar Volkspark stadion, monumen itu diberi nama ‘Uns Uwe’ (Our Uwe).

8. Ferenc Deak (576 Gol)

Sebelum nama pesepakbola Hungaria, Ferenc Puskas dikenal, ada pemain Hungaria lainnya yang memiliki nama depan serupa, dengan perolehan gol yang cukup banyak, bahkan dijadikan legenda di negaranya, ialah Ferenc Deak. Deak mecatatkan 576 kali gol sepanjang karier sepak bola. Catatan fantastis ditorehkan Deak saat ia membela klub pertamanya Szentlorinci AC. Ia mencetak 220 gol dalam 72 pertandingan bersama klub itu.

Dengan angka itu, berarti rata-rata ia melesakkan 3 gol dalam satu pertandingan. Ferenc Deak aktif bermain sebagai pesepakbola profesional terhitung sejak 1940 hingga 1957. Sepanjang 17 tahun, ia meraih 3 kali predikat top skor liga, dan satu kali membawa klubnya juara Liga Hungaria.

7. Lionel Messi (708 Gol)

Messi menjadi nama pertama dalam daftar pencetak gol sepanjang masa yang masih aktif bermain. Kemahiran pria Argentina ini dalam mendribel dan menendang bola membawanya jadi salah satu pemain terbaik Barcelona. Sejak memulai karier profesional tahun 2004, sampai 6 November 2020 ia sudah mencetak 708 gol dalam 878 pertandingan.

Dari jumlah gol itu, ia 54 kali mencetak hat-trick. Catatan luar biasa itu diraih hanya dengan bertanding di satu klub, Barcelona, dan di timnas Argentina. Sepanjang kariernya sejauh ini ia mendapat penghargaan Ballon d’Or atau pemain terbaik dunia sebanyak enam kali.

Messi yang belum mengeluarkan sinyal pensiun masih bisa menambah pundi-pundi gol dalam kariernya. Sekarang, ia merupakan pencetak gol terbanyak bagi Barcelona dengan 677 gol. Ia pun sudah 10 kali menjuarai Liga Spanyol, dan 4 kali menjuarai Liga Champions Eropa.

6. Gerd Muller (734 Gol)

Dikenal dengan julukan Der Bomber, legenda Bayern Munich ini dikenal sebagai penyerang yang tajam. Berkarier sejak 1963 sampai 1981, Muller mencetak 734 gol. Catatan itu ia raih hanya dengan bertanding di 793 pertandingan. Bersama Bayern Munchen, Muller mencetak 365 gol dan 16 kali menjadi top skor liga.

Muller meraih Ballon d’Or pada tahun 1970, dan membantu Jerman Barat menang atas Belanda pada Piala Dunia 1974. Raihan gol luar biasa dari Muller membuat ia dua kali ditunjuk sebagai pemain sepak bola terbaik di negaranya. Kenyang berkarier di Jerman, di usia . . . Gabung . . . 34 tahun ia pindah ke Amerika Serikat membela klub Fort Lauderdale Strikers.

5. Cristiano Ronaldo (742 Gol)

Pemain asal Portugal ini merupakan saingan berat Lionel Messi di era sepak bola modern sekarang. Sejak memulai karier tahun 2002, sampai 6 November 2020, Ronaldo sudah mencetak 742 gol. Karier dan popularitasnya melesat saat ia membela Manchester United 2003-2009. Bersama setan merah ia mencetak 84 gol dari 196 pertandingan. Sinarnya makin terang saat ia hijrah ke Real Madrid.

Bersama Los Galacticos, Ronaldo menorehkan catatan 451 gol dalam 438 pertandingan di seluruh kompetisi. Sekarang Ronaldo membela klub Italia Juventus. Torehan gol CR7 sekarang mendekati dua legenda sepak bola Ferenc Puskas dan Pele. Karier Ronaldo yang cemerlang membuatnya meraih 5 penghargaan Ballon d’Or. Ia pun pernah 17 kali menjadi top skor liga di berbagai negara.

4. Ferenc Puskas (746 Gol)

Walau sekarang Hungaria kini bukan tim hebat di Eropa, tapi negara Eropa Tengah itu pernah memiliki bintang bernama Ferenc Deak. Tampil bersama sejumlah klub dan timnas Hungaria selama 23 tahun, ia mencetak 746 gol dalam 754 laga. Dilansir laman Real Madrid, Puskas disebut sebagai penyerang dengan kaki kiri terbaik dalam sejarah Bernabeu.

Para pendukung El Real pun menyebut Puskas dengan julukan Pancho, karena kehebatannya dalam mencetak gol. Puskas pernah 8 kali menjadi top skor liga sepanjang kariernya. Ia membawa Budapest Honved menjuarai liga selama 5 kali. Bersama Real Madrid, ia berhasil meraih 5 gelar mayor. Sekarang keberadaan Puskas di posisi 4 daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa terancam Ronaldo yang membayangi dengan selisih 4 gol.

3. Pele (767 Gol)

Edson Arantes do Nascimento atau yang akrab disapa Pele adalah legenda hidup sepakbola berhasil yang berjaya era 60an. Selama 20 tahun berkarier, Pele cetak 767 gol dari 832 pertandingan. Pele menghabiskan hampir seluruh karier profesionalnya di klub Santos. Di sana, ia mencetak 504 gol dalam 496 pertandingan. Sementara itu, ia juga membawa Brasil pada kejayaan, dengan mencetak 77 gol dalam 92 caps.

Pemain dengan julukan ‘O Rei’ ini 3 kali membawa tim samba Brasil menjadi juara dunia. Hal ini yang membuat Pele menjadi pemain yang sama cemerlangnya, baik di klub maupun pertandingan internasional. Pele juga mencetak hattrick sebanyak 92 kali. Dalam beberapa kesempatan wawancara, Pele mengklaim sudah mencetak seribu gol dalam karir sepakbolanya.

2. Romario (772 Gol)

Mimpi memperbaiki hidup lewat sepakbola, kelihatannya menjadi jalan keluar bagi warga miskin Brasil, tidak terkecuali Romario de Souza. Karier sepak bola Romario bersinar, ia mencetak 772 gol dari 994 pertandingan di semua kompetisi. Salah satu momen paling bersinar di karier Romario adalah saat ia membela klub Belanda PSV Eindhoven.

Di sana, ia mencetak 125 gol dan memberi PSV 1 gelar Liga Eropa yang sekarang dikenal sebagai Liga Champions. Bersama Bebeto, rekan duetnya di timnas. Romario membawa Brasil juara Piala Dunia 1994, dengan mencetak lima gol dan Golden Ball, sebagai pemain terbaik di Piala Dunia 1994.

Romario sekali meraih penghargaan FIFA Men’s Player of the Year dan 10 kali menjadi top skor liga di berbagai negara. Sepanjang kariernya, ia pun beberapa kali membawa klubnya menjuarai liga.

1. Josef Bican (805 Gol)

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa hingga saat ini adalah pesepakbola asal Austria, Josef Bican. Josef Bican terkenal bahkan sebelum era Pele. Sepanjang kariernya, Bican mencetak 805 gol hanya dalam 530 pertandingan. Artinya, ia memiliki rasio mencetak 1,52 gol per pertandingan. Bersama timnas Austria, ia mencetak 14 gol dari 19 pertandingan di ajang Piala Dunia.

Sepanjang kariernya, Bican pernah membela beberapa klub Eropa seperti Rapid Vienna, Slavia Prague, dan Dynamo Prague. Itu lah daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang sampai sekarang masih aktif dan belum mengeluarkan sinyal pensiun masih bisa menyusul para legenda sepak bola pencetak gol terbanyak.

x

Check Also

Moment Prancis Juara UEFA Nations League Menjadi Spesial Bagi Antoine Griezman

Jakarta – Dalam laga final UEFA Nations League yang digelar di San Siro, Minggu (10/10/2021) ...