Home > Berita Bola > Termasuk Zidane, Inilah 5 Gelandang Serang Terbaik Sepanjang Masa

Termasuk Zidane, Inilah 5 Gelandang Serang Terbaik Sepanjang Masa

Dalam sebuah permainan sepak bola, posisi dari gelandang sering  sekali menjadi raja dari beragai permainan tim. Bukan pemain yang berada di posisi bek ataupun penyerang.

Pasalnya, pemain yang berada pada posisi ini kerap kali membantu tim dengan berbagai kreatifitas serta permainan indah yang disajikan.

Gelandang-gelandang bertahan hebat juga sering kali bisa menghadirkan berbagai keajaiban dalam hal ini dengan menariknya jutaan pasang mata untuk menyaksikan kehebatan mereka dalam bermain.

Dengan kata lain, pemain pada posisi ini mampu membawa tim dalam meraih sejarah panjang, dengan mengkreasi secara total dari permainan tim.

Pada era milenium yang baru, ada dua nama penting di dalam posisi ini, yakni Kevin de Bruyne serta Toni Kroos. Namun, di dalam sejarah, setidaknya ada lima orang pemain yang bisa dibilang sebagai gelandang bertahan sukses pada masanya.

Sir Bobby Charlton

Leganda dari Manchester United ini memang telah menjadi salah satu gelandang serang terbaik dari produksi Inggris. Memenangi gelar Ballon d’Or pada 1966 yang dikawinkan dengan gelar dari Piala Dunia di tahun yang sama bersama negaranya, Charlton juga mampu memenangkan Liga Champions bareng Setan Merah dua tahun kemudian.

Dengan gelar yang telah diraih, maka mantan dari pemain yang baru didiagnosis menderita demensia ini sudah menjadi salah satu pionir dalam posisi gelandang serang.

Selain bermain di posisi tersebut, Charlton juga mampu menjadi seorang penyerang bayangan dengan kemampuan menggiring bola melewati kawalan bek lawan.

Michel Platini

Legenda asal Prancis yang satu ini dipandang sebagai salah satu pemain sepak bola yang terbaik di dunia. Namun demikian, reputasinya harus hancur usai kegagalan kala memimpin badan sepak bola Eropa, UEFA.

Platini dikenal sebagai salah satu gelandang elegan yang menempati posisi nomor 10. Permainan apiknya membawa tiga gelar individu, yakni Ballon D’Or, selain juga gelar Pial Eropa 1984.

Selain kreatif, pemain yang satu ini juga dikenal sangat produktif, terutama kala membela tim asal Italia, Juventus.

Zinedine Zidane

Satu lagi gelandang asal Prancis yang sangat kreatif. Ya, Zinedine Zidane adalah namanya, . . . Gabung . . . pria yang membawa Les Bleus ke tangga juara Piala Dunia pada tahun 1998 dengan mengalahkan Brasil.

Selain tampil dengan gemilang bersama Prancis, Zidane juga dikenal dengan penampilan apiknya kala membela Juventus serta Real Madrid.

Ia dipandang sebagai salah satu gelandang serang terbaik pada generasinya dalam beberapa waku lalu. Zidane memiliki kemampuan untuk melepas umpan matang dengan ditambah gol-gol brilian yang kerap dicetak.

Salah satunya adalah tendangan voli pada final Liga Champions 2001-2002 yang memberikan bukti bahwa Zidane bukanlah pemain dengan kemampuan sembarangan.

Johan Cruyff

Nama yang satu ini ialah pemain luar biasa pada zamannya, yang tentu taka sing bagi penggemar dari Barcelona dan timnas Belanda.

Tak hanya soal permainan pada lapangan, Johan Cruyff adalah pemberi pondasi kuat bagi sebuah tim, menjadi ikon secara kultural serta sejarah sepak bola.

Sebagai pemain yang sangat luar biasa, Cruyff mampu memberikan sebuah keindahan pada permainan sepak bola dengan berbagai strategi total football yang bermain mengalir.

Ia mampu membuat Ajax Amsterdam menjadi tim terbaik dunia serta membawa timnas Belanda ke final Piala Dunia 1974.

Sementara, sebagai pelatih Ia mampu meletakkan pondasi permainan di Barcelona.

Diego Maradona

Bintang sepak bola asal Argentina, Diego Maradona, memang sudah menjadi salah satu bintang sepak bola. Menjadi salah satu penyihir dari tim tango, pemain yang satu ini memang mempunyai kemampuan yang hebat.

Salah satu momen ikoniknya adalah ketika Maradona melakukan gol tangan tuhan dan menjadi salah satu gol yang membuat pemain yang satu ini dikenang dengan permainannya.

Selain itu, Maradona juga mampu bermain dengan dribble bola yang sangat bagus dan ditambah dengan umpan kreatif yang berhasil dihasilkan.

Catatan kariernya menunjukkan bahwa Ia mampu mengemas 34 gol dari 90 laga bersama dengan Timnas dari Argentina.

x

Check Also

Prediksi Lazio vs Marseille,UEFA Legue 2021/22, 21 Oktober 2021

Jakarta – Pada matchday 3 Grup E UEFA  League atau Liga Europa 2021/22, akan mempertemukan ...