Home > Berita Liga Spanyol > Tak Hanya Maradona, 3 Pemain Ini Juga Pernah Berusaha Cetak Gol Dengan Tangan

Tak Hanya Maradona, 3 Pemain Ini Juga Pernah Berusaha Cetak Gol Dengan Tangan

Sepanjang kariernya di lapangan hijau, Diego Armando Maradona menciptakan banyak keajaiban. Kaki kiri legenda asal Argentina ini sukses menghadirkan sihir di lapangan hijau. Tapi, bukan hanya kaki kiri yang membuat Maradona tenar. Sepanjang kariernya, Maradona juga dikenal dengan sebutan Si Tangan Tuhan.

Julukan ini bukan tanpa alasan. Semua berawal dari gol yang dicetak Maradona ke gawang Timnas Inggris, yang dikawal Peter Shilton, pada laga Perempat Final Piala Dunia 1986. Bukan menggunakan kaki atau kepala, golnya ini dicetak dengan tangan, tepatnya tangan kirinya.

Gol handsball ini tentu bukan yang pertama dalam sejarah sepak bola. Tapi, saking tenarnya gol itu, gol-gol handsball yang hadir setelahnya, sering disebut sebagai gol Tangan Tuhan.

“Gol ini sedikit karena kepala saya, dan sebagian karena tangan Tuhan,” akui Maradona setelah pertandingan itu.

Ada sejumlah gol dengan tangan lain yang tercipta setelah gol Tangan Tuhan yang dicetak Maradona. Bukan hanya oleh pesepak bola semenjana, sejumlah pemain bintang pun tertangkap basah mencetak gol dengan tangan seperti Maradona.

Siapa saja para pemain bintang yang berusaha mencetak ‘gol Tangan Tuhan’ seperti Maradona?

Paul Scholes

Paul Scholes dikenal sebagai pemain yang memiliki umpan akurat. Selain itu, pemain Manchester United ini juga memiliki sepakan keras dan terarah. Banyak gol tercipta melalui sepakan-sepakan jarak jauhnya. Tapi, selain melalui sepakan, Scholes juga pernah berusaha mencetak gol melalui tangannya.

Menerima umpan silang Wes Brown pada pertandingan Piala Super UEFA 2008, Scholes menyambut bola dan mengarahkannya dengan tangan ke gawang Zenit Saint Petersburg. Bola memang masuk ke gawang Zenit. Tapi, wasit Claus Bo Larsen menganulir gol itu dan memberi Scholes kartu kuning keduanya. Dalam pertandingan itu, United harus menelan kekalahan 1-2 dari Zenit.

Raul Gonzalez

Pangeran Madrid, Raul Gonzalez pun pernah mencetak gol dengan menggunakan tangannya. Gol ini ia cetak pada pertandingan Grup D Liga Champions 2000/2001 melawan Leeds United. Dalam pertandingan yang diadakan di Santiago Bernabeu, 6 Maret 2001, kedua tim bermain imbang 2-2.

Tapi, keadaan berubah setelah Raul sukses memanfaatkan umpan silang Luis Figo menjadi gol yang membawa timnya unggul 3-2. Gol ini kemudian memantik protes para penggawa Leeds United. Mereka melihat Raul menceploskan bola menggunakan tangannya.

Tapi, wasit Riszard Woljic bergeming dengan keputusannya dan tidak menganulir gol itu. Kontroversi pun berlanjut. Setelah melakukan penyelidikan, UEFA menjatuhkan hukuman kepada Raul.

Lionel Messi

Lionel Messi sering dijuluki sebagai penerus legenda Diego Armando Maradona. Kemampuan mereka berdua identik. Messi pun memiliki kelebihan mengolah bola dan kaki kiri yang sama-sama dominan. Messi pun sering menciptakan gol seperti Maradona, tidak terkecuali gol Tangan Tuhan. Sama seperti seniornya, pemain asal Argentina itu juga pernah mencetak gol menggunakan tangannya.

Gol Tangan Tuhan dicetak Messi pada pertandingan melawan Espanyol pada musim 2006/2007.  Dalam derby Catalan, yang diadakan pada 09 Juni 2007 tersebut, ia menyambut umpan silang Gianluca Zambrotta dan meneruskan bola ke gawang Espanyol dengan tangannya. Tangan yang digunakannya mencetak gol itu pun sama dengan tangan yang digunakan Maradona kala mencetak gol Tangan Tuhan, tangan kiri.

Gol ini mengundang protes para pemain Espanyol. Tapi, wasit bergeming dengan keputusannya, mengesahkan gol itu.

x

Check Also

Karim Benzema Tetap Percaya El Clasico Masih Yang Terbaik Meski Minim Pemain Bintang

Madrid – Pada saat ini El Clasico sudah tidak lagi bertabur bintang seperti era sebelumnya.Namun ...