Home > Berita Liga Spanyol > Tak Hanya Barcelona, Madrid Juga Bakal Potong Gaji Pemain

Tak Hanya Barcelona, Madrid Juga Bakal Potong Gaji Pemain

Real Madrid kembali mengagendakan pemotongan gaji di skuadnya pada 2021 sebagai dampak krisis finansial akibat pandemi COVID-19. Sebelumnya pada April lalu atau menjelang kompetisi bergulir kembali pasca-pandemi, skuad Real Madrid menyepakati pemangkasan gaji sekitar 10-15 persen.

Pendapatan yang disunat termasuk pemain, staf kepelatihan, dan semua staf eksekutif klub. Selain itu, tim asuhan Zinedine Zidane juga merelakan bonus juara LaLiga 2019-2020 melayang demi keuangan klub. Kondisi serbasulit ini juga membuat Los Blancos tak membeli pemain di bursa transfer musim panas. Dikutip dari ABC.es, reduksi gaji 10 persen mencakup skuad Real Madrid cabang sepak bola, basket, Real Madrid B (Castilla), dan para manajer senior, sampai menghemat kas sebesar 39 juta euro.

Rasio pemangkasan serupa dikabarkan akan diterapkan tahun depan demi meraih nominal yang sama. Adapun kalau besaran pemotongannya 15 persen, klub dapat menghemat 58,5 juta euro. Negosiasi internal di tim Madrid terkait pemangkasan gaji dilakukan secara rahasia dan baru akan diumumkan kalau perjanjian sudah diteken, apakah itu 10 atau 15 persen.

Menekan pengeluaran sekecil apa pun diperlukan klub karena “Real Madrid akan mengalami masa tanpa pendapatan sepanjang tahun ini, antara Juli hingga April tahun depan,” tulis laporan di ABC.

Sementara itu, . . . Gabung . . . di pihak rival mereka, Barcelona, kegaduhan sudah terjadi beberapa pekan terakhir setelah klub menyatakan kebijakan pemangkasan gaji. Sejumlah pemain senior, termasuk Lionel Messi dan Gerard Pique, dikabarkan termasuk kelompok yang menolak dipotong. Maklum, rasio yang diminta pihak Barca lebih besar dari Madrid, yaitu 30 persen gaji.

Rapor finansial Real Madrid masih merah, tapi diprediksi akan mencapai titik balik pada April tahun depan. Hal itu berkenaan dengan terbukanya jendela bisnis pasca-pandemi melalui pembukaan kembali stadion, penjualan merchandise, dan toko resmi. Laporan yang sama mengatakan renovasi kandang utama Real Madrid, Santiago Bernabeu, tidak memengaruhi keuangan klub.

Hal itu karena perbaikan stadion menggunakan dana cicilan gabungan yang tertanggung selama 30 tahun. Biaya angsurannya adalah 29,5 juta per tahun dengan bunga 2,5 persen hingga 30 Juli 2049.

x

Check Also

Luis Suarez

Luis Suarez Dan Antoine Griezmann Nihil Gol, Atletico Madrid Kalah Dari Deportivo Alaves Dengan Skor Akhir 0-1

Madrid – Atletico Madrid harus menyerah di markas klub dasar klasemen, Deportivo Alaves di Stadion ...