Home > Berita Liga Indonesia > Soal Pengembangan Sepakbola Indonesia, Menpora Minta Saran Michael Owen

Soal Pengembangan Sepakbola Indonesia, Menpora Minta Saran Michael Owen

Jakarta – Deputi III Kemenpora menghadirkan sejumlah tokoh sepak bola untuk membicarakan pengembangan sepak bola di Indonesia, beberapa waktu lalu. Acara diskusi tersebut bertajuk Indonesia Youth Football Development.

Sejumlah tokoh sepak bola yang hadir dalam diskusi tersebut di antaranya mantan bintang Liverpool, Michael Owen, Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, serta mantan pemain Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Para narasumber tersebut diharapkan bisa memberikan kontribusi berupa pemikiran dan ide untuk percepatan pembangunan sepak bola nasional menjelang ajang Piala Dunia U-20 2021 dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

“Kami menghadirkan para narasumber yang cukup kompeten. Saya berharap akan lahir rekomendasi-rekomendasi yang penting buat kami untuk menjadi rujukan kami menjalani agenda pembinaan sepak bola ke depan,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

“Pembinaan sepak bola harus kami mulai dari usia dini. Kemudian dia juga harus konsisten kami lakukan, yang sekarang ini masih merupakan hal yang alpa bagi kami, termasuk kami sendiri,” sambungnya.

“Itulah salah satu tujuan dari diskusi ini. Untuk mendapatkan masukan-masukan dari para narasumber, dan juga untuk mendapatkan hal-hal yang bisa menjadi muatan di dalam desain percepatan pembangunan sepak bola nasional,” tegas Menpora.

Untuk tujuan tersebut berharap agar semua pihak terkait mau saling . . . Gabung . . . mendukung dan bahu-membahu demi memajukan persepakbolaan di Indonesia.

“Tentu membangun satu tim nasional sepak bola dari satu negara bukan menjadi hal yang mudah. Apalagi bagi kita yang sekarang ini, posisi Indonesia di rangking FIFA sedang berada di urutan 173 dunia. Memang kita pernah mengalami satu fase yang memprihatinkan ketika sepak bola Indonesia sedang dibekukan FIFA. Sehingga kita harus berjuang keras untuk bisa kembali bangkit supaya semangat persepakbolaan di Tanah Air makin baik, makin bergairah,” ucap Menpora.

“Tentu ini tidak bisa hanya dikerjakan oleh pemerintah saja, Menko PMK saja, Menpora saja, atau pemerintah pusat saja. Tetapi harus ada sinergi antara di internal unsur pemerintah, baik kementerian dan lembaga, di tingkat pusat, pemerintah propinsi, pemerintah daerah, stakeholder, para pembina sepak bola, sampai ke tingkat SSB yang sekarang ini ada di berbagai tempat,” lanjut Menpora.

x

Check Also

Gibran Sindir Pemain AHHA PS Pati FC Jago Kungfu, Begini Respon Kocak Atta Halilintar

Jakarta – Chairman AHHA PS Pati FC, Atta Halilintar, memberikan respon kocak atas sindiran yang ...