Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Soal Lokasi Timnas U-19 Indonesia, PSSI Masih Gamang

Soal Lokasi Timnas U-19 Indonesia, PSSI Masih Gamang

Jakarta – Hingga saat ini PSSI masih belum menentukan tempat tujuan pemusatan latihan (TC) di luar negeri bagi Timnas U-19. Meski belakangan mengerucut dua lokasi tujuan, yakni Spanyol atau Korea Selatan.

Spanyol sendiri dikabarkan siap menyambut baik kedatangan Timnas U-19 Indonesia untuk berlatih di sana, namun angka positif Covid-19 di Spanyol masih cukup tinggi, dan sedang mengantisipasi datangnya gelombang kedua.

Sementara itu di Korea Selatan, menerapkan aturan 14 hari karantina bagi pendatang dari luar negeri, sehingga hal ini tentu saja menjadi tidak efektif bagi Timnas U-19 Indonesia karena membuang waktu.

Menurut keterangan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, hingga saat PSSI masih memikirkan secara matang rencana TC luar negeri, termasuk kemungkinan menggelar TC di Indonesia saja bila memang tidak memungkinan.

“Dalam satu dua hari ke depan akan di-update oleh PSSI terkait dengan lokasi TC. Saat ini masih pararel. Kami antara Korea Selatan dan Spanyol,” kata Indra.

“Sekarang, di masa pandemi ini, kami tidak bisa hanya ada rencana A saja, harus ada B, C, dan seterusnya. Kecuali normal, kami bisa langsung tentukan,” . . . Gabung . . . lanjutnya.

Selain menerapkan karantina wilayah, cuaca di Korea Selatan saat ini tidak bersahabat sebagai tempat tujuan menggelar TC.

“Sementara jika di Spanyol bisa langsung latihan, kalau Korea Selatan sementara situasi suhu terus menurun dikhawatirkan masuk bulan Desember sudah masuk nol (derajat). Tapi kalau Spanyol mungkin 21 derajat,” jelas Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Selain itu, bila TC dilakukan di Spanyol maka PSSI kemungkinan bisa memanggil beberapa pemain berbakat keturunan Indonesia untuk dipantau karena jarak negara di Eropa saling berdekatan.

“Kami masih menunggu perkembangan kepastian dari Spanyol, karena kalau ke Korea Selatan kami tidak bisa melihat pemain baru, pemain luar yang ada keturunan Indonesia,” tutup Iriawan.

x

Check Also

Proses Winger Timnas U-19 Indonesia Gabung Klub Spanyol Tinggal Menunggu Waktu

Jakarta – Winger Timnas Indonesia U-19, Khairul Imam Zakiri, diketahui saat ini tengah menjalani trial ...