Home > Berita Liga Indonesia > Shopee Liga 1 2020 > Soal Kelanjutan Liga 1, PSSI Diminta Segera Lobi Polisi

Soal Kelanjutan Liga 1, PSSI Diminta Segera Lobi Polisi

Malang – PSSI diharapkan untuk segera melakukan lobi kepada pihak kepolisian agar mendapatkan jaminan kepastian bahwa Liga 1 2020/21 bisa digelar sesuai jadwal.

Hal ini disampaikan oleh Manajer Umum Arema Ruddy Widodo menanggapi soal belum jelasnya terkait jadwal laga Liga 1 2020/21 yang rencananya akan digulirkan kembali pada Februari 20201 mendatang.

Jaminan kepastian dari Polri juga diperlukan agar tidak sampai terulang lagi penundaan yang mendadak yang diambil PSSI karena tidak adanya izin dari kepolisian.

Hingga saat ini memang Polri belum memberikan izin keramaian untuk penyelenggaraan kompetisi sepak bola dengan pertimbangan angka kasus penularan Covid-19 yang masih tinggi, ditambah pula adanya agenda Pilkada Serentak pada 9 Desember mendatang.

“Kami menyarankan agar PSSI bisa merayu pihak kepolisian untuk memberikan semacam garansi izin kompetisi akan mereka berikan. Sekalipun sudah ada kepastian kompetisi digelar Februari, tetapi kan belum ada jaminan ada izin kepolisian,” kata Ruddy Widodo.

Menurut Ruddy, kejelasan lebih awal terkait jadwal kompetisi membuat klub bisa segera membuat program latihan persiapan tim. Termasuk juga menyelesaikan masalah gaji pemain, pelatih, dan official.

Selain itu, kepastian jadwal kompetisi bakal memudahkan klub dalam upaya . . . Gabung . . . menjalin kerja sama dengan sponsor.

“Surat garansi izin dari kepolisian akan membantu klub dan operator liga (PT Liga Indonesia Baru) meyakinkan sponsor untuk mencairkan uang sponsorship. Kalau uang sponsor kompetisi cair, nanti untungnya buat klub juga sebagai subsidi,” jelas Ruddy.

Arema FC juga mengeluhkan soal ketidakjelasan aturan subsidi bagi klub yang tidak tercantum di dalam Surat Keputusan PSSI, belum lama ini.

“Menurut kami, federasi perlu mempertegas untuk berkoordinasi dengan operator LIB. Tidak tahu apa sebabnya poin soal subsidi tidak ada,” kata Ruddy.

“Harapan semua klub tentu ingin agar subsidi rutin dibayarkan. Apalagi situasi saat ini tidak ada pemasukan sama sekali ini, sedangkan klub tetap berkewajiban membayar gaji tim,” pungkasnya.

x

Check Also

Klub Liga 1 dan 2 Bakal Dapat Tambahan Subsidi Usai Kompetisi Diundur Lagi?

Jakarta – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menjelaskan bahwa pihaknya ...