Home > Berita Liga Indonesia > Soal Format Liga 1 Diganti Turnamen, Persib Sampaikan Ketidaksetujuan

Soal Format Liga 1 Diganti Turnamen, Persib Sampaikan Ketidaksetujuan

PSSI selaku induk organisasi sepak bola Indonesia telah berencana memutar roda kompetisi pada Februari 2021. Menurut kabar, kompetisi Liga 2020 dijadwalkan bergulir selama lima bulan dan ditargetkan berakhir pada Juli mendatang. Walau begitu, belum ada jaminan pasti kalau kompetisi berlangsung sesuai rencana.

Pun halnya dengan format kompetisi yang nantinya akan diterapkan. Beredar beberapa wacana terkait format kompetisi selama berjalan di masa pandemi. Pertama Liga 1 dilanjutkan dengan format sebelumnya yaitu dengan menganut sistem home dan away atau dua putaran.

Lalu, ada wacana kompetisi disuung dengan format dua wilayah, seperti yang pernah berlangsung pada musim 2014. Selain itu, muncul juga opsi untuk menerapkan format turnamen pada kompetisi. Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, turut berkomentar soal isu soal format kompetisi.

Teddy mengatakan pihaknya akan mengikuti segala keputusan PSSI dan PT LIB (Liga Indonesia Baru). Tapi, dia kurang setuju kalau lanjutan kompetisi diselenggarakan dengan format turnamen.

“Kami juga belum tahu format seperti apa. . . . Gabung . . . Tapi, kalau format turnamen, seperti semua tim dibagi menjadi empat grup, kami kurang setuju,” kata Teddy seperti dikutip dari Kompas, Jumat (20/11/2020).

“Karena ini kompetisi, bukan turnamen,” kata dia.

Teddy sendiri memiliki pandangan apabila format kompetisi benar berubah, dirinya menyarankan memakai sistem dua wilayah. Walau penentuan juara sama-sama ditentukan melalui babak final, penerapan format dua wilayah akan membuat persaingan kompetisi menjadi lebih sengit.

“Ya, kalau bisa tidak berubah. Artinya tetap format kompetisi penuh. Minimal dilakukan format dua wilayah.”

“Kalau format turnamen dengan dibagi empat grup, kurang setuju,” kata Teddy.

x

Check Also

Gibran Sindir Pemain AHHA PS Pati FC Jago Kungfu, Begini Respon Kocak Atta Halilintar

Jakarta – Chairman AHHA PS Pati FC, Atta Halilintar, memberikan respon kocak atas sindiran yang ...