Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia U-19 > Shin Tae-Yong Ungkap Pengalamannya Membangun Timnas U-19 Indonesia

Shin Tae-Yong Ungkap Pengalamannya Membangun Timnas U-19 Indonesia

Jakarta – Timnas U-19 Indonesia yang telah selesai menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia selama kurang lebih dua bulan, dinilai mengalami kemajuan yang signifikan.

Hal itu dibuktikan dengan hasil 11 laga uji coba melawan tim-tim Eropa yang dijalani tim Garuda Muda selama di Kroasia. Dari 11 laga tersebut, Timnas U-19 Indonesia berhasil memenangi 5 laga, 3 kali imbang, dan 3 kali kalah.

Hasil positif ini tentu saja tidak lepas dari didikan keras dan penuh disiplin dari pelatih Shin Tae-yong dari Korea Selatan.

Kepada media Korea Selatan Khan, Shin Tae-yong kemudian mengungkapkan bagaimana dirinya membentuk karakter, fisik, dan mental Timnas U-19 Indonesia hingga menjadi seperti sekarang ini.

Pada awal masa melatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong fokus kepada pembentukan mental dan fisik para pemain yang ia rasa tidak memilki semangat dan daya juang.

“Saat pertama saya menggelar latihan, para pemain hanya berlari saat tenaganya masih ada, dan mulai berjalan ketika kehabisan energi. Yang mengejutkan, teknologi di Indonesia sudah bagus, hanya dasar pemain yang menjadi masalah,” ungkap Shin Tae-yong.

“Saya terkadang berteriak kepada pemain agar pulang saja jika bermain sepakbola seperti itu, kadang juga ada masalah karena ucapan saya,” sambungnya.

Namun dengan terus menjalani latihan dalam intensitas tinggi, . . . Gabung . . . fisik dan mental para pemain sudah mulai berubah ke arah yang lebih baik.

Daya juang para pemain Timnas U-19 Indonesia juga menurut Shin Tae-yong sudah mulai meningkat.

“Sekarang para pemain menunjukkan spirit yang tinggi. Taktik tim juga bagus. Saya pikir kami sekarang sudah menggapai 75 persen,” ujarnya.

“Di Indonesia, sekarang saya diperlakukan seperti orang yang sangat penting,” pungkasnya.

Namun demikian, perjuangan Shin Tae-yong dalam membentuk Timnas U-19 Indonesia belum selasai. Para pemain masih akan menjalani TC secara virtual dari tanggal 5 hingga 15 November, sebelum kemudian mereka kembali akan menjalani TC di luar kembali.

Segala persiapan yang dijalani Timnas U-19 Indonesia ini untuk mempersiapkan diri menjelang ajang Piala Asia U-19 2020 pada awal tahun depan, di Uzbekistan, serta Piala Dunia U-20 2021 mendatang dimana Indonesia adalah tuan rumahnya.

x

Check Also

Proses Winger Timnas U-19 Indonesia Gabung Klub Spanyol Tinggal Menunggu Waktu

Jakarta – Winger Timnas Indonesia U-19, Khairul Imam Zakiri, diketahui saat ini tengah menjalani trial ...