Home > Timnas Indonesia > Shin Tae-yong Tak Izinkan Pemain Timnas Indonesia U-19 Akrab Dengan TikTok

Shin Tae-yong Tak Izinkan Pemain Timnas Indonesia U-19 Akrab Dengan TikTok

Jaino Matos, pemerhati talenta muda sepak bola Indonesia, mengungkapkan kekagumannya pada pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong. Jaino Matos melihat Shin Tae-yong sudah membawa perubahan luar biasa bagi perkembangan sepak bola Indonesia, khususnya di usia muda.

Hal itu kelihatan pada perkembangan signifikan yang ditunjukkan oleh Bagas Kaffa dkk saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Oleh karena itu, Jaino Matos pun sangat berharap supaya Shin Tae-yong bisa dipertahankan oleh PSSI.

“Saya benar-benar berharap efek Shin Tae-yong dipertahankan. Efek dia sangat luar biasa,” kata Jaino Matos.

Kualitas Shin Tae-yong yang paling dipuji oleh mantan pelatih Persiba Balikpapan itu adalah karakter sang pelatih. Juru taktik asal Korea Selatan itu punya karakter yang keras, disiplin, dan tanpa kompromi. Hal itu juga kelihatan dari pola latihan yang diterapkan oleh Shin Tae-yong saat mengasuh Witan Sulaeman Cs. Hal itu dinilai sebagai pembeda Shin Tae-yong dengan pelatih-pelatih timnas terdahulu.

Karakter yang keras itu juga dinilai sebagai hal yang paling dibutuhkan timnas Indonesia sejak lama. Pria asal Brasil . . . Gabung . . . itu berpendapat kalau para pemain timnas Indonesia selama ini sejatinya tidak pernah kalah dari segi taktik dan kualitas permainan. Hanya saja belum ada pelatih selain Shin Tae-yong yang bisa menanamkan karakter disiplin di dalam diri para pemain Garuda. Hal itulah yang menyebabkan timnas Indonesia sering kalah dari negara-negara lain.

“Kita lupakan pola latihan dulu dan fokus kepada pembangunan karakter,” kata pelatih berusia 40 tahun itu.

“Percuma pola latihan Pep Guardiola tapi sikap pemain buruk, tukang Tik Tok sama YouTuber.”

“Tempat utama pemain bola di lapangan bola, bukan di Tik Tok atau pun YouTube,” katnya.

 

x

Check Also

Witan Sulaeman Yakin Indonesia Bisa Kembali Menang Atas Taiwan di Leg Kedua

Jakarta – Timnas Indonesia akan kembali berhadapan dengan Taiwan pada laga leg kedua play-off Kualifikasi ...