Home > Berita Bola > Bola Internasional > Positif Covid-19, Mancini Pimpin Timnas Italia Lewat Telepon

Positif Covid-19, Mancini Pimpin Timnas Italia Lewat Telepon

Timnas Italia naik ke puncak klasemen Liga A Grup 1 UEFA Nations League setelah menaklukkan timnas Polandia. Tanpa dibimbing pelatih Roberto Mancini di pinggir lapangan, timnas Italia menghajar Polandia 2-0 di Stadion Citta del Tricolore, Reggio Emilia, Minggu (15/11/2020).

Gol penalti Jorginho (27′) dan lesakan Domenico Berardi (83′) melontarkan timnas Italia ke puncak klasemen Grup 1 untuk melompati Polandia. Hasil ini layak diapresiasi lebih karena Gli Azzurri tampil dengan skuad seadanya. Ada 21 pemain mereka yang tidak bisa diikutkan lagi ke skuad karena problem cedera maupun COVID-19. Posisi Mancini di pinggir lapangan pun digantikan asistennya, Alberico Evani.

Evani menjalankan tugas itu juga saat Italia menggebuk Estonia 4-0 pada pertandingan uji coba sebelumnya. Menang dalam keterbatasan, Evani memberikan kredit istimewa kepada pemainnya.

“Ini budaya kami. Orang Italia memberikan yang terbaik dari mereka saat berada dalam kondisi terjepit dan menjadi lebih menyatu,” katanya kepada RAI Sport.

Legenda AC Milan itu juga menyoroti peran besar Roberto Mancini, yang masih menjalani isolasi COVID-19 di rumahnya di Roma. Walau tidak bisa hadir di arena, Mancini tetap “melatih” pasukannya dengan memberi instruksi, saran, serta opini dari jarak jauh via telepon kepada Evani.

“Dia (Mancini) senang. Saya berbicara dengannya saat jeda pertandingan. Dia bilang, kami layak mendapatkan lebih banyak gol, jadi kami harus lebih efisien di lini depan,” katanya.

“Tapi secara keseluruhan, performa tim bagus,” kata Evani menyampaikan ulang ucapan Mancini kepadanya.

Saat jeda, Italia memang baru mencetak satu . . . Gabung . . . gol melalui penalti Jorginho kendati menguasai permainan. Mungkin berkat dorongan instruksi Mancini juga Berardi dimasukkan untuk menggantikan Federico Bernardeschi pada menit 64′ demi menggenjot serangan. Penyerang Sassuolo itu akhirnya menggaransi tripoin atas Polandia dengan gol bagusnya kurang dari 20 menit setelah turun ke lapangan.
Mancini pun tidak luput mengapresiasi Evani dan pasukannya.

“Sebuah performa tim yang hebat. Tidak mudah, tapi kami memiliki pola pikir yang tepat. Selamat kepada Chicco Evani dan semua staf,” tulis Mancini di akun Twitter.

Bagi Evani, kemenangan ini diraih berkat etos kerja timnya yang berpegang teguh kepada prinsip utama yang ditanamkan Mancini, terlepas dari apapun kondisi tim dan komposisi yang diturunkan.

“Kami tetap pada prinsip yang dijalankan Roberto selama dua tahun. Saat Anda memegang teguh hal itu, seiring waktu berjalan, Anda akan mendapatkan hasilnya,” kata Evani.

Timnas Italia sekarang memuncaki klasemen dengan raihan 9 poin, di atas Belanda (8) dan Polandia (7). Peluang Azzurri lolos ke semifinal UEFA Nations League akan dipertaruhkan di matchday terakhir di kandang Bosnia-Herzegovina, Rabu (18/11/2020).

x

Check Also

Prediksi Belanda vs Montenegro, 5 September 2021, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grip G, Minggu (5/9/2021) ...