Home > Berita Bola > Bola Internasional > Portugal Kini Tak Lagi Berat Untuk Mencadangkan Ronaldo

Portugal Kini Tak Lagi Berat Untuk Mencadangkan Ronaldo

Lisbon – Portugal menang besar dengan skor 7-0 saat menjamu Andorra pada pertandingan persahabatan di Stadion Da Luz, Kamis (12/11/2020).

Portugal yang di era 2016 masih sangat bergantung pada sosok sang mega bintang Cristiano Ronaldo, belakangan mulai bisa ‘mandiri’ tanpa kehadiran Ronaldo.

Di final Euro 2016 lalu, Cristiano Ronaldo harus ditarik keluar karena mengalami cedera, namun Portugal masih bisa menang atas Prancis dengan skor 1-0.

Sosok Cristiano Ronaldo baru bermain di ajang internasional pada 2004 silam, di saat umurnya masih 19 tahun. Ketika itu, Ronaldo masih harus belajar dari para seniornya Luis Figo, Rui Costa, dan Deco.

Namun 10 tahun kemudian, Ronaldo menjadi kapten Timnas Portugal di ajang Piala Dunia 2014. Pada saat itu Portugal sudah sangat bergantung pada Ronaldo. Dampak buruknya, Portugal biasanya main buruk saat Ronaldo tidak bisa turun.

Namun kini, pelatih Timnas Portugal Fernando Santos bisa dengan bebas mencadangkan Ronaldo bila situasinya memang . . . Gabung . . . tidak mendukung, dan Portugal tetap bisa bermain bagus.

Kini Fernando Santos memiliki banyak stok pemain bagus yang bisa diturunkan, seperti Diogo Jota, Bruno Fernandes, Joao Felix, Fernando Silva, hingga Trincao.

Dua tahun belakangan ini, Portugal terbukti bisa bermain bagus tanpa kehadiran Ronaldo. Portugal bisa mencapai semifinal UEFA Nations League 2019 tanpa Ronaldo. Sang bintang baru bermain di babak semifinal dan final saja.

Di musim ini, Portugal juga selalu meraih kemenangan di saat Ronaldo tidak bisa ikut bermain akibat positif Covid-19.

x

Check Also

Prediksi Belanda vs Montenegro, 5 September 2021, Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta – Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grip G, Minggu (5/9/2021) ...