Home > Berita Piala Dunia > Piala Dunia U-20, Renovasi Stadion Telan Biaya Ratusan Miliar

Piala Dunia U-20, Renovasi Stadion Telan Biaya Ratusan Miliar

Jakarta – Proses renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan pendukung untuk Piala Dunia U-20 2021 sedang dikebut mengingat ajang bergengsi sepak bola kelompok umur tersebut akan digelar pada Mei hingga Juni 2021 mendatang.

Menurut Instruksi Presiden No. 8 tahun 2020, ada dua venue utama dan 15 lapangan latihan pendukung yang sedang diperbaiki.

Proses renovasi tersebut terbagi ke dalam tiga paket konstruksi fisik, dan tiga paket konsultan manajemen.

Paket pertama meliputi renovasi Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dan empat lapangan latihan di Bali, yaitu Stadion I Gusti Ngurah Rai, Stadion Gelora Tri Sakti, Stadion Kompyang Sujana, dan Stadion Gelora Samudra.

”Renovasi ini akan dikerjakan oleh PT PP Persero. Dengan nilai kontrak Rp 152,9 miliar,” ujar Plt Dirjen Cipta Karya, Danis Hidayat Sumadilaga, saat memberikan laporan dalam acara penandatangan kontrak dan pengerjaan renovasi stadion dan lapangan latihan sepak bola untuk Piala Dunia U-20 2021 antara Kementerian PUPR dan Kemenpora, Jumat (6/11).

Paket kedua adalah renovasi Stadion Manahan Solo, serta empat lapangan latihan pendukung yaitu Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Lapangan Banyuanyar, dan Lapangan Sriwaru.

”Untuk pekerjaan paket dua ini . . . Gabung . . . dilaksanakan oleh PT Nindya Karya Wilayah II. Dengan nilai kontrak Rp 78,8 miliar,” jelas Danis.

Sementara itu, paket ketiga adalah renovasi stadion dan lapangan latihan yang berada di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Pada paket ketiga ini ada tujuh titik yang akan diperbaiki.

Tiga di antaranya berada di Jawa Barat yaitu Stadion Sidolig Bandung, Lapangan IPDN Jatinangor, dan Lapangan Jati Universitas Padjadjaran Jatinangor.

Lalu satu lagi di Jawa Timur yakni Stadion Bangkalan. Kemudian sisanya di Sumatera Selatan yaitu lapangan latihan atletik, panahan, dan baseball yang berada di Komplek Stadion Jakabaring, Palembang.

“Paket ketiga ini juga dikerjakan PT Nindya Karya II. Dengan nilai kontrak Rp 83 miliar,” ucap Danis.

x

Check Also

Lawan Al Ahly, Skuad Bayern Munchen Diliputi Rasa Percaya Diri

Bayern Muenchen sudah membidik gelar keenam untuk bisa melengkapi musim cemerlang mereka. Pasukan dari Hansi ...