Home > Berita Liga Inggris > MU Masih Jadi Klub Terkaya di Premier League

MU Masih Jadi Klub Terkaya di Premier League

Sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia saat ini. Hal itu tentu sangat berdampak untuk komersialisasi sebuah klub dengan kesepakatan sponsor, pendapatan setiap pertandingan, dan hadiah meraih gelar. Premier League menjadi liga yang terkenal dengan tingkat glamor yang tinggi. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemain bintang yang berhasil didatangkan oleh klub Premier League.

Tentunya untuk mendatangkan pemain top Eropa tidak lah mudah, karena sebuah klub harus rela mengeluarkan dana fantastis untuk mengamankan tanda tangan pemain itu. Berkat kedigdayaannya dalam mendatangkan pemain top Eropa, maka klub itu disebut-sebut menjadi yang paling kaya di dataran Inggris.

Lalu, klub mana saja yang paling kaya di Premier League?

5. Liverpool

Di bawah asuhan Jurgen Klopp, Liverpool sudah berkembang menjadi salah satu tim terbaik di Eropa. Bukan tanpa alasan, mengingat The Reds berhasil memenangkan Liga Champions 2018/19 dan Premier League 2019/20. Berkat kesuksesan Liverpool dalam dua musim terakhir membuat klub yang bermarkas di Anfield itu menjadi salah satu tim terkaya Premier League dengan pendapatan 613 juta euro.
Selain itu, nilai jual klub asal Merseyside ini pun mencapai harga yang fantastis yaitu 2.183 juta euro.

4. Arsenal

Pasca Arsene Wenger meninggalkan Emirates Stadium setelah mengabdi dua dekade, Unai Emery datang untuk membawa harapan baru. Tapi sayang, juru taktik asal Spanyol itu pun harus dipecat setelah tidak mampu membawa Arsenal bangkit. Tapi, keadaan mulai membaik setelah Mikel Arteta ditunjuk sebagai kepala pelatih The Gunners.

Di bawah komando Arteta, klub asal London Utara itu berhasil merengkuh empat trofi yaitu dua FA Cup dan dua Community Shield. Walau begitu, Arsenal tidak begitu gemilang di Premier League dan tidak mampu lolos ke Liga Champions 2020/21. Sehingga membuat pendapatan Arsenal cukup rendah dibanding yang lainnya yaitu 520 juta euro. Tapi klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini tidak perlu berkecil hati karena saat ini mereka masih memiliki nilai jual yang tinggi mencapai 2.267 juta euro.

3. Chelsea

Chelsea sudah menjadi salah satu klub terkaya di Eropa sejak miliarder Rusia, Roman Abramovich membeli klub . . . Gabung . . . itu. Sejak kedatangannya, Abramovich sudah memompa banyak uang untuk kesuksesan The Blues. Bursa transfer musim panas lalu bisa menjadi bukti nyata kekuatan dana Chelsea.

Pasalnya, mereka berhasil menghabiskan lebih dari 200 juta euro untuk pemain yang dibawanya, saat situasi pandemi Covid-19 yang membuat beberapa klub pincang akibat pendapatan yang minim. Saat ini, Chelsea memiliki pendapatan yang cukup fantastis yaitu 597 juta euro dan nilai jual yang tidak kalah tinggi dibanding klub Premier League kaya lainnya yaitu 2.576 juta euro.

2. Manchester City

Sejak diakuisisi oleh Abu Dhabi Khaldoon Al Mubarak, Manchester City menjadi salah satu klub terkaya di dunia. City tidak segan untuk menghabiskan uang banyak di setiap bursa transfer, sehingga dalam satu dekade terakhir City bisa dibilang tim yang paling dominan. Tidak hanya bisa mengikat beberapa talenta terbaik di dunia tapi City juga bisa mempekerjakan pelatih hebat seperti Pep Guardiola yang dikenal salah satu pelatih terbaik di dunia.

Walau belum pernah memenangi Liga Champions tapi City tetap menjadi tim yang paling kaya dengan pendapatan dan nilai jualnya yang tinggi. Saat ini, klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu memiliki pendapatan 678 juta euro dan nilai jual 2.688 juta euro.

1. Manchester United

Walaupun tidak mentereng dari sisi prestasi sejak ditinggal oleh Sir Alex Ferguson, tapi Manchester United tetap berhasil menjadi klub terkaya di Premier League berkat basis pendukung yang besar sehingga membuat sponsor terus berdatangan. Selain itu, kembalinya The Red Devils ke Liga Champions musim ini pun membuat pendapatan siaran mereka meraup keuntungan yang cukup besar.

Tercatat, klub yang bermarkas di Old Trafford ini memiliki pendapatan yang fantastis sebesar 765 juta euro. Tapi yang bikin geleng-geleng kepala adalah nilai jual Setan Merah yang berada di angka 3.983 juta euro.

x

Check Also

Alex Telles

Kerap Cedera, Alex Telles Hampir Putuskan Untuk Berhenti Teruskan Karier Bolanya

Manchester – Alex Telles bergabung dengan Manchester United pada 2020 dari Porto, diirnya terikat kontrak ...