Home > Berita Liga Inggris > Liverpool Krisis Bek Tengah, Klopp Diminta Belajar Dari Guardiola

Liverpool Krisis Bek Tengah, Klopp Diminta Belajar Dari Guardiola

Manajer Liverpool, Jurgen Kloop, sekarang dihadapkan pada situasi yang sulit. Karena Liverpool mengalami masalah yang cukup pelik dengan cedera pemain berposisi bek tengah. Virgil van Dijk lebih dulu cedera dan harus absen untuk waktu yang lama. Pemain asal Belanda cedera setelah diterjang Jordan Pikcford, kiper Everton. Van Dijk baru akan sembuh tujuh bulan ke depan.

Setelah itu, pekan ini kembali datang kabar buruk. Joe Gomez mengalami cedera lutut dan harus menjalani operasi. Pemain 23 tahun itu diyakini tidak akan sembuh dalam waktu dekat. Sementara itu, Joel Matip menjadi satu-satunya pemain bek tengah yang masih fit. Tapi, pemain 29 tahun punya riwayat cedera yang buruk di masa lalu. Joel Matip cukup sering mengalami cedera di Liverpool.

Jurgen Klopp sekarang tidak punya banyak pilihan di posisi bek tengah. Fabinho bisa dimainkan sebagai bek tengah, dengan catatan tidak ada masalah di lini tengah. Lalu, ada dua pemain muda yaitu Nats Phillips dan Rhys Williams. Bursa transfer baru dibuka pada Januari 2021 mendatang. Artinya, pada rentan waktu sampai bursa transfer dibuka, Liverpool tidak akan mendapat tambahan bek tengah baru. Kecuali ada pemain dengan status free transfer.

Kalau tidak ada tambahan tenaga baru, apa yang bisa dilakukan Jurgen Klopp? Manajer asal Jerman itu bisa saja melakukan ‘copy + paste’ apa yang pernah dilakukan Josep Guardiola . . . Gabung . . . di masa lalu. Saat masih menjadi pelatih Barcelona, Guardiola pernah bermain tanpa bek tengah murni.

Pada Piala Super UEFA 2011, Pep Guardiola bermain dengan enam pemain. Dua pemain diberi peran sebagai bek tengah yakni Sergio Busquets dan Javier Mascherano. Cara seperti ini tentu bisa diadaptasi ulang oleh Jurgen Klopp. Satu nama pemain tengah yang bisa menjadi bek di Liverpool tentu saja Fabinho. Selain pemain asal Brasil itu, siapa lagi yang bisa diandalkan Jurgen Klopp untuk bisa menjadi bek tengah dadakan Liverpool? James Milner, pemain versatile, tentu patut dicoba untuk bermain sebagai bek tengah.

Milner bisa bermain sebagai bek sayap, winger, dan gelandang. Sangat mungkin Milner juga bisa bermain sebagai bek tengah. Jordan Henderson, yang tugasnya di lini tengah cenderung bertahan, juga bisa dicoba sebagai bek tengah. Selain itu, nama Curtis Jones dan Naby Keita juga bisa menjadi opsi dadakan bagi Jurgen Klopp di posisi bek tengah.

x

Check Also

Romelu Lukaku Akan Dihadang Virgil van Dijk Saat Liverpool vs Chelsea Nanti

Liverpool – Pada akhir pekan ini dalam laga Premier League 2021/22 akan menyajikan pertandingan seru ...