Home > Berita Liga Inggris > Liverpool > Kegemilangan Jota Halangi Minamino Masuk Skuad Reguler Liverpool

Kegemilangan Jota Halangi Minamino Masuk Skuad Reguler Liverpool

Liverpool – Diogo Jota kembali memberikan sumbangan gol bagi Liverpool lewat gol tunggalnya ke gawang Brighton dalam laga lanjutan pekan ke-10 Liga Primer Inggris 2020/21, Sabtu (28/11/20).

Awalnya, Jota yang menerima umpan dari Mohamed Salah langsung membawa bola dengan melewati beberapa pemain belakang Brighton di dalam kotak penalti sebelum kemudian melepas tendangan yang tak mampu ditahan kiper Mat Ryan.

Gol ini menjadi gol yang kesembilan bagi Jota di 14 laga sejak bergabung dengan Liverpool di awal musim ini.

Catatan ini seakan membuktikan bahwa Diogo Jota kini menjadi salah satu pemain penting bagi Jurgen Klopp di setiap laga Liverpool.

Awalnya Jota didatangkan hanya untuk pelapis trio penyerang Liverpool, yakni Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino. Namun belakangan Klopp justru menggantikan Firmino dengan Jota, atau memainkan keempatnya secara bersama.

Meski kehadiran Jota memberikan keuntungan bagi Jurgen Klopp dan Liverpool, namun tidak bagi Takumi Minamino.

Nama Takumi Minamino sebenarnya sudah lebih dulu dikenal setelah performa apiknya di laga Community Shield. Saat itu, Minamino bermain bersama Salah, Mane, dan Firmino.

Namun setelah Diogo Jota datang ke Anfield, pemain asal Portugal inilah yang justru menjadi pilihan Jurgen Klopp di lini depan dibanding Minamino.

Hal ini dapat dilihat dari laga kontra Brighton dimana . . . Gabung . . . Minamino justru ditempatkan di posisi gelandang, bukan di sayap kiri yang disukainya.

Sementara, Jota berada di depan bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Sedangkan Sadio Mane diistirahatkan di bangku cadangan.

Minamino cukup baik saat membantu serangan, namun di saat membantu pertahanan, ia tampil buruk. Menurut catatan statistik, Brighton berhasil melakukan drible melewati Minamino sebanyak empat kali. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan Giorginio Wijnaldum yang hanya mengalaminya satu kali.

Minamino juga tidak membuat tekel atau intersep satu kali pun. Namun sebaliknya, ia justru terkena tekel sebanyak tiga kali.

Hal ini menunjukkan bahwa bermain sebagai gelandang memang bukan peran yang tepat untuk Takumi Minamino. Namun karena dengan peran ini ia bisa bermain maka Minamino tetap menjalaninya.

Karena itu, dengan makin bersinarnya Diogo Jota maka sepertinya Minamino akan semakin sulit mendapatkan posisi favoritnya.

x

Check Also

Newcastle

Newcastle United Punya Bos Baru, Begini Pesan Alan Shearer

London – Alan Shearer menyambut gembira kabar takeover Newcastle oleh konsorsium dari Arab Saudi. Sang ...