Home > Berita Liga Italia > Jika Lepas Ronaldo, Apa Untung Ruginya Bagi Juventus ?

Jika Lepas Ronaldo, Apa Untung Ruginya Bagi Juventus ?

Masa depan dari Cristiano Ronaldo di Juventus menjadi pemberitaan yang besar media-media Italia pekan ini. Juventus sudah dikabarkan bakal melepas sang bintang. PSG akan menjadi klub yang berminat untuk menampungnya.

Surat kabar Corriere dello Sport, dikutip dari Football Italia, Jumat (13/11/2020), menggali lebih dalam untuk melihat apakah CR7 akan benar-benar memberikan dampak finansial, di tengah laporan ketertarikan PSG serta Manchester United.

Biaya transfer Ronaldo pada 2018, termasuk berbagai tambahan, adalah sebesar 115,5 juta euro. Berarti, bahwa untuk menghindari kerugian, Juventus harus menjualnya seharga 43,4 juta euro pada bulan Januari 2021 atau 29 juta euro pada Juni.

Ronaldo juga akan mendapatkan gaji bersih 31 juta euro per tahun. Itu berarti, biaya kotor dari Juventus 64 juta euro. Diperhitungkan, dengan melepas Ronaldo, total gaji di Juventus akan turun 25 persen.

Laporan yang sama juga menyatakan, Juventus butuh 93 juta euro per tahun jika mereka ingin mempertahankan sang bintang.

Ketika Cristiano Ronaldo pindah ke Italia, Juventus membuat telah perhitungan dampak positif terhadap pemasukan dari klub.

Setelah mendatangkan Cristiano Ronaldo, pendapatan Juventus dari penjualan merchandise naik sebesar 16 juta . . . Gabung . . . euro pada tahun pertama. Tetapi, penjualan jersey dari Ronaldo tidak mendekati angka seperti pada Real Madrid.

Dari tiket, Juventus juga mendapat kenaikan kenaikan penjualan sebesar 17 persen (30 juta euro) pada tahun pertama. Sementara dari sponsor, Ronaldo juga membuat Juventus meraih angka dua kali lipat lebih dari Adidas serta Jeep. Kenaikannya ialah dari 23 juta euro menjadi 51 juta euro.

Juventus juga mendapat keuntungan dari CR7 yakni dengn meningkatkan jangkauan dari media sosial, yang naik 20 persen dalam dua tahun.

Jadi, meski penjualannya akan memangkas biaya secara signifikan di Turin, ada risiko kehilangan uang muka serta pendapatan.

x

Check Also

Juventus Tempel Terus Gabriel Jesus, Tidak Mau Menyerah Begitu Saja

Kabar mengenai ketertarikan Juventus terhadap Gabriel Jesus masih saja terdengar. Si Nyonya Tua dilaporkan masih intens berkomunikasi ...