Home > Berita Liga Jerman > Haaland Yakin Pemain Muda Dortmund Ini Bisa Jadi Bintang Top

Haaland Yakin Pemain Muda Dortmund Ini Bisa Jadi Bintang Top

Erling Haaland tidak ragu menyebut Youssoufa Moukoko sebagai “talenta terbesar di dunia saat ini” setelah ia mengukir debutnya untuk Borussia Dortmund pada Sabtu (21/11). Sehari setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-16, Moukoko dibawa dalam kunjungan Dortmund ke markas Hertha Berlin dan dimainkan pada menit ke-85 saat timnya unggul 5-2.
Ia pun menjadi pemain termuda Bundesliga dalam prosesnya. Haaland, yang digantikan oleh Moukoko di pertandingan semalam, sudah dianggap sebagai salah satu prospek paling cemerlang dan belum lama ini dianugerahi penghargaan Golden Boy. Tapi bintang Norwegia itu bersikukuh kalau Moukoko memiliki potensi untuk melewatinya ke depan.

“Saya pikir dia [Moukoko] adalah talenta terbesar di dunia saat ini. 16 tahun dan satu hari [debut di Bundesliga], itu cukup luar biasa. Dia memiliki karier besar ke depannya,” kata Haaland kepada ESPN.

Ditanya tentang bakatnya sendiri sebagai perbandingan, Haaland menambahkan: “Saya sudah lebih dari 20 tahun, jadi saya semakin tua sekarang, begitulah adanya.”

Moukoko pernah mewakili Jerman di level U-20 dan bermain untuk tim Dortmund U-17 pada usia 12 tahun. Pelatih Dortmund Lucien Favre kekurangan pemain saat bersiap melawan Hertha dan berharap debut Moukoko di level senior dapat memacu dia untuk mencapai potensi penuhnya.

“Dia sudah berlatih bersama kami selama 14 hari. Tujuh atau delapan pemain tengah . . . Gabung . . . pergi untuk tugas internasional. Skornya 5-2 dan itu bagus baginya untuk memainkan pertandingan Bundesliga pertamanya tapi tentu saja dia harus terus bekerja keras,” kata Favre.

“Dia sangat, sangat muda. Kami memiliki banyak pemain menyerang, banyak yang belum bermain hari ini.”

Tentang pertandingan itu sendiri, yang dimenangkan Dortmund dengan skor 5-2 setelah tertinggal 1-0 di babak pertama, Favre menambahkan: “Kami harus terus bermain dengan cara ini, lebih banyak memainkan bola ke depan, berlari lebih sering ke dalam kotak dan tim saya melakukan itu di babak kedua.”

Pasukan Favre saat ini berada di urutan kedua di Bundesliga setelah delapan pertandingan – hanya satu poin di belakang pemimpin liga Bayern Munich, yang ditahan imbang 1-1 oleh Werder Bremen pada Sabtu. Dortmund selanjutnya menghadapi Club Brugge dalam lanjutan babak grup Liga Champions sebelum terjun kembali ke Bundesliga melawan FC Koln.

x

Check Also

Bayern Munchen Dan Borussia Moenchengladbach Berbagi Skor 1-1 Di Laga Pembuka Bundesliga

Jerman – Pada laga pembuka Liga Jerman 2021/2022 Bayern Munchen berhadapan dengan Borussia Moenchengladbach, laga ...