Home > Berita Liga Inggris > Firmino Justru Diuntungkan Dengan Bergabungnya Jota

Firmino Justru Diuntungkan Dengan Bergabungnya Jota

Jurgen Klopp sudah berulang kali mengatakan kalau salah satu strikernya, Roberto Firmino, punya peran penting dalam permainan Liverpool. Masalahnya, ia tidak punya sosok yang pas untuk menjadi penggantinya. Sejak mendarat di Anfield pada musim 2015/16 lalu, pria asal Brasil itu selalu menjadi pilihan utama dalam skuad siapapun pelatihnya.

Sebanyak 255 pertandingan di semua kompetisi sudah dijalaninya dalam rentang waktu enam musim saja. Terutama di era kepelatihan Jurgen Klopp. Firmino jadi pemain kunci dalam format tiga penyerang Liverpool dan walaupun jarang mencetak gol, ia tetap berguna dalam peran sebagai ‘false 9’.

Tapi sepertinya, jatah bermain Firmino pada musim ini akan sedikit berkurang. Karena Diogo Jota membuktikan kalau dirinya bisa mengisi pos penyerang tengah dalam formasi 4-3-3 andalan Klopp. Mungkin kehadiran Jota bisa menjadi kabar buruk buat Firmino. Pada musim kemarin, produktivitas Firmino mulai dipertanyakan. Catatan hat-trick Jota pada pertandingan melawan Atalanta bisa dianggap sebagai sebuah ancaman.

Tapi mantan pemain Liverpool, Jason McAteer, punya pendapat yang berbeda. Menurutnya, kehadiran Jota bisa membuat Firmino merasa lega karena punya sosok pengganti yang sepadan, sehingga dia bisa beristirahat sejenak.

“Dia bisa bermain dalam peran Firmino melawan Manchester City dan itu bisa jadi kelegaan buat Roberto Firmino,” kata McAteer kepada FreeSuperTips.

“Dia sudah . . . Gabung . . . memainkan banyak pertandingan untuk Liverpool dan harus bepergian jauh bersama Timnas Brasil, jadi dia jelas butuh istirahat di dua atau tiga pertandingan,” katanya.

Dengan catatan hat-trick saat bertemu Atalanta, dan serangkaian gol pada pertandingan-pertandingan sebelumnya, Klopp pun diyakini akan kerepotan menarik Jota dari starting XI. McAteer percaya kalau Klopp akan memainkan pria asal Portugal itu saat menghadapi Manchester City.

“Jota berusia 23 tahun, benar-benar bugar, punya rekor cedera yang bagus dan sangat ingin bermain, anda bisa melihat itu,” kata McAteer.

“Kenapa anda harus menariknya keluar dari tim saat dia sedang dalam performa begini? Dia perlu diakomodasi dan bisa memberi masalah buat Pep Guardiola saat Liverpool menghadapi Manchester City,” katanya.

Sebagai informasi, Liverpool akan menghadapi Manchester City dalam pertandingan Premier League, Minggu (8/11/2020) malam besok. Pertandingan itu diselenggarakan di markas the Citizens, Etihad Stadium.

x

Check Also

jurgen klopp and thomas tuchel

Jelang Laga Akhir Pekan Ini , Jurgen Klopp Beri Pujian Kepada Thomas Tuchel

Liverpool – Pada akhir pekan ini Liverpool akan menjamu Chelsea di Anfield dalam laga pekan ...